Hubungan Keharmonisan Keluarga dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI di SMA Negeri 1 Luwuk
https://doi.org/10.53090/j.linear.v8i2.745
Keywords:
Keharmonisan Keluarga, Motivasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keharmonisan keluarga dengan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Luwuk. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, pengumpulan data adalah dengan menyebarkan angket kepada siswa sebagai sampel penelitian. Analisis yang digunakan adalah uji normalitas, uji linearitas, dan uji korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi (r) = 0,39242 adalah angka positif. Hal ini menunjukkan pengaruh keharmonisan keluarga terhadap motivasi belajar di SMA Negeri 1 Luwuk adalah positif. Adapun Nilai KD = 15,4% menunjukan besar pengaruh keharmonisan keluarga terhadap motivasi belajar di SMA Negeri 1 Luwuk sebesar 15,4%. Sedangkan nilai Thitung = 2,45, Dengan derajat kebebasan (db) = 35 – 2 = 33 dan taraf signifikansi 0,05 = 1,69 sehingga, Thitung lebih besar dari pada Ttabel atau 2,45 > 1,69, maka korelasi yang terjadi adalah adanya hubungan keharmonisan keluarga dengan motivasi belajar peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Luwuk Dengan demikian hipotesis diterima karena Thitung lebih besar dari Ttabel.
Downloads
References
Abdurrahman, F., Mudjiran., & Ardi, Z. (2020). Hubungan Persepsi Mahasiswa tentang Keluarga Harmonis dengan Kesiapan Menikah. Jurnal Neo Konseling, 2(4), 1–7. https://doi.org/10.24036/00296kons2020
Awi, M. V., Mewengkang, N., & Golung, A. (2016). Peranan Komunikasi Antar Pribadi Dalam Menciptakan Harmonisasi Keluarga di Desa Kimaam Kabupaten Merauke. Acta Diurna Komunikasi, 5(2), 1-12.
Aziz, R., & Mangestuti, R. (2021). Membangun Keluarga Harmonis Melalui Cinta dan Spiritualitas pada Pasangan Suami Istri di Provinsi Jawa Timur. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 14 (2) 129–139. https://doi.org/10.24156/jikk.2021.14.2.129
Budi, D. S. (2018). Konsep Keluarga Beda Agama dalam Mewujudkan Keluarga Harmonis (Studi di Desa Balun, Kecamatan Turi, Kabupaten Lamongan). UIN Sunan Ampel Surabaya, Skripsi. Tidak Diterbitkan.
Dina, P. A. E. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ips Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Batu. Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 16.
Hamidah, Z. (2019). Peran Badan Penasihat, Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4) dalam Mencegah Perceraian: Studi Kasus di KUA Kecamatan Klojen Kota Malang. Hikmatina: Jurnal Ilmiah Hukum Keluarga Islam, 1 (1), 12-23.
Hidayah, N., & Hermansyah, F. (2018). Hubungan antara Motivasi Belajar dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bandar Lampung Tahun 2016/2017. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 3(2), 87-93.
Jayanti, N. E., & Silaen, M. S. J. (2019). Hubungan Antara Keharmonisan Keluarga dan Kecerdasan Emosi dengan Kecenderungan Perilaku Delinkuen pada Siswa SMK Adi Luhur 2 Jakarta Timur. Ikraith-Humaniora, 3 (2), 46-51.
Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kholid, I. (2017). Motivasi dalam Pembelajaran Bahasa Asing. English Education: Jurnal Tadris Bahasa Inggris, 10 (1), 61-71.
Masni, H. (2015). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 05, (1) 34–45. http://dx.doi.org/10.33087/dikdaya.v5i1.64
Nidyansari, D. A. (2018). Ketidakharmonisan Komunikasi Dalam Keluarga Pada Pembentukan Pribadi Anak (Pendekatan Humanistik). Jurkom: Jurnal Riset Komunikasi, 1(2), 264–275. https://doi.org/10.24329/jurkom.v1i2.39
Novitasari, K., Dalimunthe, R. Z., & Wibowo, B. Y. (2023). Kontribusi Keharmonisan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Edukasi: Media Kajian Bimbingan Konseling, 9(1), 42-51. http://dx.doi.org/10.22373/je.v9i1.13504
Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232. Https://Doi.Org/10.24090/Jk.V5i2.1939
Putri, M. A., Neviyarni, N., & Syukur, Y. (2019). Konseling Keluarga dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT): Strategi Mewujudkan Keharmonisan dalam Keluarga. ENLIGHTEN: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(1), 1-8. https://doi.org/10.32505/enlighten.v2i1.1213
Rahman, S. (2022). Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.
Sainul, A. (2018). Konsep Keluarga Harmonis Dalam Islam. Jurnal AL-MAQASID: Jurnal Ilmu Kesyariahan dan Keperdataan, 4(1), 86–98.
Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: CV Alfabeta.
Suharni, S. (2021). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(1), 172–184. https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2198
Supriani, Y., Ulfah., & Arifudin, O. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Dalam Pembelajaran. JAA: Jurnal Al-Amar, 1(1), 1–10.
Yani, I., & Indrawati. (2018). Harmonisasi Keluarga Pasangan Suami Istri yang Tidak Memiliki Keturunan di Desa Bangun Jaya Kecamatan Tambusai Utara Kabupaten Rokan Hulu. Jom Fisip UNRI, 5(1), 1–14.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Faizah Mangerang

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.