ANALISIS KESALAHAN KONSEPTUAL PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA YANG BERKAITAN DENGAN OPERASI MATRIKS

https://doi.org/10.53090/jlinear.v4i2.162

Authors

  • Hasman Pendidikan Matematika Universitas Tompotika Luwuk Banggai

Keywords:

Analisis Kesalahan, Menyelesaikan Soal Matematika

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis kesalahan konseptual yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika yang berkaitan dengan operasi matriks di SMK Negeri 1 Luwuk. Teknik pengumpulan data melalui pemberian tes diagnostik dan wawancara. Subjek penelitian terdiri dari tiga orang, yang di bagi dalam tiga kategori yaitu, satu orang berkemampuan tinggi, satu orang berkemampuan sedang, dan satu orang berkemampuan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan konseptual terjadi pada subjek berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah yaitu kurang tepat dalam mengklasifikasikan matriks dengan tepat, dan kurang tepat dalam menyelesaikan soal. Kesalahan konseptual yang lain juga terjadi pada subjek berkemampuan rendah yaitu tidak menuliskan syarat untuk menyelesaikan soal dan kurang tepat dalam memaparkan langkah penyelesaian secara sistematis. Penyebab terjadinya kesalahan konseptual antara lain adalah tidak mengerti dengan syarat-syarat untuk menyelesaikan soal, sulit memahami konsep matriks, peserta didik lebih cenderung mengingat daripada memahami, dan sering lupa pada materi pelajaran yang sudah lewat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, Mulyono, 2012, Anak Berkesulitan Belajar (Teori, Diagnosis, dan Remediasinya). Jakarta: Rineka Cipta.

Arti Sriati. 2011. Kajian Kesulitan Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 16 Yogyakarta dalam Mempelajari Aljabar. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Hodojo, Herman. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Universitas Negeri Malang (UM PRESS).

Mahmuda, Annis. 2011. Diagnonis Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Bentuk Pangkat, Akar, dan Logaritma Di Kelas X MAN 3 Malang. Skripsi tidak Diterbitkan. Malang: Universitas Negari Malang.

Malau, L. 2002. Analisis Kesalahan Jawaban Siswa Kelas I SMU Kampus Nommense Pematang Siantar dalam Menyelesaikan Soal-Soal Terapan Siswa Persamaan Linier 2 Variabel. Tesis tidak Diterbitkan. Malang: IKIP Malang.

Nihayah, EFK. 2015. Analisis Kesalahan Konseptual dan Prosedural dalam Menyelesaikan Soal Matematika yang Berkaitan dengan Operasi Hitung Bentuk Aljabar (Penelitian dilakukan pada Kelas VII SMP Ummul Mukminin Makassar). Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 02. No. 01.

Nurkancana, Wayan, 2001. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Rahmat Basuki. 2006. Kesalahan (online), (http://digilip.upi/pasca/avaliable/etd10022106-142832). Diakses 5 September 2018.

Rifai. 2012. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Operasi Pecahan Bentuk Aljabar Kelas VIII SMP Negeri 2 Malang. Vol 1. No. 1. Universitas Negeri Malang. (Online), (http://jurnalonline.um.ac.id/data/artikel/), Diakses 03 September 2018.

Sartono Wirodikromo. 2006, Matematika SMA Kelas XII, Penerbit Erlangga.

Soleh, M. 2006. Pokok-Pokok Pengajaran Matematika Sekolah. Depdikbud, Jakarta.

Sudjana. 2008. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiono.2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suherman, Erman. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Kerjasama JICA dengan FMIPA UPI.

Tim Penyusunan Kamus Pembinaan dan Pembangunan Bahasa 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka

Downloads

Published

2020-10-18

How to Cite

Hasman. (2020). ANALISIS KESALAHAN KONSEPTUAL PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA YANG BERKAITAN DENGAN OPERASI MATRIKS. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 25–38. https://doi.org/10.53090/jlinear.v4i2.162