MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION PADA MATERI LINGKARAN

https://doi.org/10.53090/jlinear.v5i1.130

Authors

  • Rendi Hadian Tamagola Pendidikan Matematika Universitas Tompotika Luwuk Banggai
  • Hasman Owuna Pendidikan Matematika Universitas Tompotika Luwuk Banggai

Keywords:

pemecahan masalah, materi lingkaran, RME

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) pada materi lingkaran.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitiannya menunjukkan kemampuan siswa mengidentifikasi masalah dari 78,15% pada siklus I menjadi 86,30% pada siklus II, merencanakan strategi pemecahan masalah dari 67,78% pada siklus I menjadi 76,67% pada siklus II,menyelesaikan masalah dari 67,92% pada siklus I menjadi 77,92% pada siklus II, kemampuan mengevaluasi masalah dari 78,06% pada siklus I menjadi 91,39% pada siklus II disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan Model RME pada siklus II ini berjalan dengan baik. Pembelajaran melalui Model RME dapat meningkatkan aktivitas pada siswa dan guru khususnya pada materi Lingkaran dikelas VIIIB MTs Alkhairat Luwuk. Hal ini dilihat dari hasil observasi aktivitas siswa dengan Model RME meningkat dari 79,95 % pada siklus I menjadi 94,27% pada siklus II dan hasil observasi aktivitas guru meningkat dari 83,16% pada siklus I menjadi 94,96% pada siklus II

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-03-28

How to Cite

Tamagola, R. H., & Owuna, H. . (2021). MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION PADA MATERI LINGKARAN. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 40–55. https://doi.org/10.53090/jlinear.v5i1.130

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.