MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION PADA MATERI LINGKARAN
https://doi.org/10.53090/jlinear.v5i1.130
Keywords:
pemecahan masalah, materi lingkaran, RMEAbstract
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) pada materi lingkaran.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitiannya menunjukkan kemampuan siswa mengidentifikasi masalah dari 78,15% pada siklus I menjadi 86,30% pada siklus II, merencanakan strategi pemecahan masalah dari 67,78% pada siklus I menjadi 76,67% pada siklus II,menyelesaikan masalah dari 67,92% pada siklus I menjadi 77,92% pada siklus II, kemampuan mengevaluasi masalah dari 78,06% pada siklus I menjadi 91,39% pada siklus II disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan Model RME pada siklus II ini berjalan dengan baik. Pembelajaran melalui Model RME dapat meningkatkan aktivitas pada siswa dan guru khususnya pada materi Lingkaran dikelas VIIIB MTs Alkhairat Luwuk. Hal ini dilihat dari hasil observasi aktivitas siswa dengan Model RME meningkat dari 79,95 % pada siklus I menjadi 94,27% pada siklus II dan hasil observasi aktivitas guru meningkat dari 83,16% pada siklus I menjadi 94,96% pada siklus II
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Rendi Hadian Tamagola, Hasman Owuna
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.