UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK MELAUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MATERI GARIS DAN SUDUT DI KELAS VIII D SMP NEGERI 6 LUWUK KABUPATEN BANGGAI

https://doi.org/10.53090/jlinear.v3i1.125

Authors

  • Hasman Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tompotika Luwuk

Keywords:

Kemampuan Penalaran Matematis, Model Pembelajaran Berbasis Masalah

Abstract

Masalah utama pada penelitian ini adalah rendahnya Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas VIID di SMP Negeri 6 Luwuk Kabupaten Banggai pada Materi Garis Dan Sudut . Ada beberapa hal yang menyebabkan permasalahan tersebut diantaranya pada dasarnya Peserta Didik kurang perhatian pada proses pembelajaran, malu bertanya pada guru serta kurangnya latihan dalam menyelesaikan soal sehingga peserta didik kesulitan dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan Materi Garis Dan Sudut . Untuk menyelesaikan masalah tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian tindakan kelas ini mengacu pada model pembelajaran Spiral Kemmis dan Taggrat menurut Arikunto yang dilakukan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Penelitian ini dilakukan Kelas VIID di SMP Negeri 6 Luwuk Kabupaten Banggai pada Tahun Ajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil tes tindakan, terjadi peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik. Mulai dari tes awal sampai tes akhir tindakan siklus II. Peningkatannya dapat dilihat dari 67,55% pada siklus I menjadi 88,55% pada siklus II. Untuk hasil observasi peserta didik dan guru terjadi peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Peningkatan hasil observasi peserta didik dapat diihat dari 64,29% pada siklus I menjadi 85,71% pada siklus II, dan peningkatan hasil observasi guru dapat dilihat dari 67,86% dari siklus I menjadi 86,90% pada siklus II. Hal ini menunjukan bahwa penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Garis Dan Sudut dapat meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas VII D di SMP Negeri 6 Luwuk Kabupaten Banggai. 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-03-24

How to Cite

Hasman. (2019). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK MELAUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MATERI GARIS DAN SUDUT DI KELAS VIII D SMP NEGERI 6 LUWUK KABUPATEN BANGGAI. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 29–33. https://doi.org/10.53090/jlinear.v3i1.125

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.