PENGARUH DISIPLIN MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 BATUI KABUPATEN BANGGAI
https://doi.org/10.53090/jlinear.v1i2.88
Keywords:
Disiplin Mengajar Guru, Prestasi Belajar Peserta DidikAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat asosiatif, bertujuan untuk mengetahui disiplin mengajar guru terhadap prestasi belajar Peserta didik di SMA Negeri 1 Batui. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Batui berjumlah 170 Orang, dengan jumlah sampel ditetapkan sebanyak 42 orang. Data penelitian adalah kuantitatif yang dikumpul melalui observasi dan menggunakan instrumen berupa angket yang dibuat kedalam 23 butir dengan skala pengukuran menggunakan skala likert. Data selanjutnya diolah dan dianalisis, dengan menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan analisis product moment, peneliti dapat menyimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif antara disiplin mengajar guru terhadap prestasi belajar peserta didik di SMA Negeri 1 Batui, dengan nilai r hitung yang diperoleh adalah r = 0,278, apabila harga koefisien korelasi yang diperoleh tersebut diinterpretasikan dengan kategori yang telah ditentukan, berada pada kategori pengaruh yang rendah. Nilai r2 adalah 77% terhadap prestasi belajar peserta didik. Adapun disiplin mengajar guru memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik, hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai t hitung (th) = 1,532 yaitu lebih kecil dari nilai t tabel (tt) = 2,048, (1,532 < 2,048) dengan db = 28 dalam nilai distribusi t pada taraf signifikan 5%. Artinya koefisien korelasi tersebut tidak dapat digeneralisasikan atau tidak dapat berlaku pada seluruh populasi dimana sampel berjumlah 30 orang diambil. Dengan demikian peneliti dapat menyimpulkan bahwa hipotesis “Diduga ada Pengaruh yang positif dan signifikan antara disiplin mengajar guru terhadap prestasi belajar peserta didik di SMA Negeri 1 Batui Kabupaten Banggai” “ditolak”.