PENINGKATAN INTENSITAS INTERAKSI SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI DISKUSI KELOMPOK DI SMP NEGERI 4 BATUI KABUPATEN BANGGAI
https://doi.org/10.53090/jlinear.v2i1.99
Keywords:
Intensitas, Interaksi sosial, Diskusi kelompokAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan diskusi kelompok dalam meningkatkan intensitas interaksi sosial peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 4 Batui Kabupaten Banggai.Metode penelitian yang digunakan adalah metode tindakan kelas yang dilaksanakan dengan model siklus.Terdapat tiga siklus yang digunakan, dimana siklus II merupakan pengembangan dan penyempurnaan dari Siklus I, dan Siklus III merupakan pengembangan dan penyempurnaan dari Siklus II.Teknik analisis data dilakukan dengan menganalisis secara kualitatif data-data yang diperoleh dalam observasi yang dilakukan pada setiap siklusnya.Hasil penelitian yang diperoleh adalah pelaksanaan diskusi kelompok dalam meningkatkan intensitas interaksi sosial peserta didik adalah peserta didik yang semula lemah, tidak percaya diri, dan pasif telah mengalami banyak peningkatan yang signifikan.Interaksi sosial tampak lebih seimbang dan hidup.Peningkatan interaksi sosial peserta didik terjadi akibat dilakukannya refleksi dalam setiap siklus diskusi guna mempertahankan hal yang positif dan menanggulangi hal yang merugikan.