MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) PADA MATERI LOGIKA KELAS XD SMA NEGRI 1 BUNTA

https://doi.org/10.53090/jlinear.v1i1.85

Authors

  • NURLAN PAKAYA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tompotika Luwuk

Keywords:

Kemampuan Penalaran Matematika, Numbered Heads Together

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematika peserta didik kelas XD SMA Negeri 1 Bunta Kecamatan Bunta  Kabupaten Banggai melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) pada materi Logika. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XD SMA Negeri 1 Bunta yang berjumlah 29 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru dan peserta didik melalui pembelajaran model Numbered Heads Together dan tes kemampuan penalaran matematika. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa terjadi peningkatan terhadap aktivitas pembelajaran peserta didik dan guru serta kemampuan penalaran matematika terhadap tiga indikator yaitu, (1) kemampuan mengajukan dugaan, (2) melakukan manipulasi,  dan (3) menarik kesimpulan dari pernyataan. Dengan demikian, pembelajaran melalui model Numbered heads Together dapat digunakan dalam membelajarkan materi Logika karena mampu meningkatkan kemampuan penalaran matematika pada peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-03-05

How to Cite

PAKAYA, N. . (2021). MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) PADA MATERI LOGIKA KELAS XD SMA NEGRI 1 BUNTA. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 54–57. https://doi.org/10.53090/jlinear.v1i1.85

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.