Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif terhadap Pencapaian Hasil Belajar pada Siswa Pendidikan Vokasi
https://doi.org/10.53090/j.linear.v8i2.755
Keywords:
Berpikir Kraetif, Hasil Belajar, Taksonomi BloomAbstract
Pola pembelajaran abad 21 menuntut pencapaian hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran yang kreatif dan inovatif sehingga dapat merangsang kemampuan berpikir kreatif dan berpikir kritis seluruh peserta didiknya. Kemampuan berpikir kreatif ini terdiri dari beberapa karakteristik yakni sensitivitas pengamatan, kelancaran berpikir, fleksibilitas berpikir, orisinalitas berpikir, kemampuan dalam mendefinisikan kembali, kemampuan menguraikan pikiran, kemampuan dalam menilai permasalahan, tingginya minat terhadap permasalahan, kepatuhan terhadap aturan yang ada, terbuka atas hal-hal baru, serta daya imajinasi yang kuat. Sementara untuk pencapaian hasil belajar diukur menggunakan Taksonomi Bloom yang menekankan pada kemampuan peserta didik dalam berpikir tingkat tinggi (high order thinking skills). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh berpikir kreatif terhadap pencapaian hasil belajar siswa pendidikan vokasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan mengambil responden sebanyak 51 siswa vokasi. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa persamaan regresi untuk pengaruh kemampuan berpikir kreatif terhadap pencapaian hasil belajar adalah Y= 0,1044 X + 10,655 dengan nilai koefisien derminasi (r2) sebesar 0,41. Artinya kemampuan berpikir kreatif mempunyai hubungan yang positif terhadap hasil belajar dengan kekuatan determinasi sebesar 41% yang menunjukkan bahwa hubungan antara kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar cukup kuat.
Downloads
References
Adawiah, R. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Semester Awal Melalui Penggunanaan Bahan Ajar Berbasis HOTS. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 65–74. https://doi.org/10.53090/jlinear.v6i2.356
Ananda, R. (2019). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 1-8. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i1.1
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80-86. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958
Ginting, M. (2023). Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Menggambar Teknik Kelas X SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Pelajaran 2021/2022. Universitas Negeri Medan. Skripsi. Tidak diterbitkan.
Handayani, E. S., & Subakti, H. (2021). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151–164. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.633
Irawati, I., Ilhamdi, M. L., & Nasruddin, N. (2021). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 44–48. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i1.2202
Komariyah, S., & Laili, A.F.N. (2018). Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 4(2), 55–60.
Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif 3(2): 115-125.
Manurung, A. S., Halim, A., & Rosyid, A. (2020). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1274–1290. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.544
Mardhiyana, D., & Sejati, E. O. W. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 672-688. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21686
Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan Model Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi. Vol 4 No. 1. https://doi.org/10.21831/jpv.v4i1.2540
Pratama, N. S., & Dermawan, D. A. (2020). Studi Literatur Model Blended Learning Pada Berbagai E-Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Vokasi/Kejuruan. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 5(2), 182–194. https://doi.org/10.26740/it-edu.v5i2.36817
Rulistiani, V. U., Asyura, I., Kamali, A. S., & Linda. (2023). Pengaruh Metode Brainstorming Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1366–1378. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.1784
Satwika, Y. W., Laksmiwati, H., & Khoirunnisa, R. N. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 3(1), 7. https://doi.org/10.26740/jp.v3n1.p7-12
Sianturi, A., Sipayung, T. N., Marta, F., Simorangkir, A. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMPN 5 Sumbul. Union: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 29-42.
Sinaga, F. I. S. H., & Simorangkir, F. M. A. (2024). The Influence Of Students’ Creative Thingking Ability And Achievement Motivation On Vocational School Students’ Learning Outcomes. Journal on Education, 6(4), 20748-20755. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.6189
Sudane, I. W., Nihayah, F.K.N., Hasman., Maitano, M.F. (2023). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis Matematika Siswa Melalui Penerapan Model CORE. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 136–147. https://doi.org/10.53090/jlinear.v7i2.581
Sukiyasa, K., & Sukoco. (2013). Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Materi Sistem Kelistrikan Otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 126-137. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1588
Uloli, R. (2021). Berpikir Kreatif dalam Penyelesaian Masalah. Jember: RFM Pramedia.
Uno, H. B., Umar, M. K., & Panjaitan, K. (2014). Variabel Penelitian Dalam Pendidikan Dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Ina Publikatama.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ferry Indra Sakti H Sinaga, Frida Marta Argareta Simorangkir, Lisa Melvi Ginting, Sudi Satria Silalahi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.