Peran Guru PPKn dalam Membentuk Kepercayaan Diri (Self Confident) Peserta Didik di SMK Negeri 1 Luwuk
https://doi.org/10.53090/jlinear.v8i1.628
Keywords:
Peran Guru PPKn, Kepercayaan DiriAbstract
Kepercayan diri dapat diartikan sebagai suatu kepercayaan akan kemampuan sendiri yang menandai dan menyadari kemampuan yang dimiliki dapat dimanfaatkan secara tepat. Guru PPKn sangat berperan dalam pembentukan karakter percaya diri peserta didik dalam menyampaikan pendapatnya dalam pembelajaran. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru PPKn dalam membentuk kepercayaan diri (self confident) peserta didik di SMK Negeri 1 Luwuk. Subjek penelitian ini terdiri atas Kepala sekolah, guru PPKn dan peserta didik. Jenis penelitian ini kualitatif fenomenologi, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran Guru PPKn dalam membentuk kepercayaan diri (self convident) peserta didik di SMK Negeri 1 Luwuk berjalan dengan sangat baik yaitu berperan sebagai sebagai demonstrator, pengelolah kelas, motivator, mediator, fasilitator, dan evaluator. Berkat peran dari guru PPKn sehingga terbentuknya keterampilan komunikasi, ketegasan, penampilan diri, pengendalian perasaan, cinta diri, pemahaman diri, tujuan yang jelas, dan pemikiran yang positif peseta didik. Walaupun ada sebagian peserta didik yang belum mampu bersikap tegas karena takut salah dan lebih memilih mengikuti kemauan orang tua.
Downloads
References
Abhicandra, Y. S. (2018). Rahasia Menjadi Memikat, Berpengaruh dan Percaya Diri di Segala Situasi. Yogyakarta: Araska
Alfiaz, H., Wati, S. P., Nurita, S. D., Langmui, S. A., & Ratnawati, V. (2024). Membangun Kepribadian Unggul: Penguatan Rasa Percaya Diri Siswa Kelas IX Melalui Teknik Shaping di SMP Negeri 2 Patianrowo. Prosiding Konseling Kearifan Nusantara (KKN), 3, 230–239. Retrieved from. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/kkn/article/view/4444
Amri, S. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 156–170. https://doi.org/10.33369/jpmr.v3i2.7520
Anatasya, E., & Dewi, D. A. (2021). Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 291-304. https://doi.org/10.23887/jpku.v9i2.34133
Asih, W., Setiyoko, D. T., & Sunarsih, D. (2024). Pembentukan Karakter Melalui Peran Guru Untuk Mengantisipasi Kenakalan Peserta Didik Kelas V SDN Pasarbatang 03. ESTUDIAR: Jurnal Penelitian Multidisiplin Mahasiswa, 1(1), 51-68
Asmaroini, A. P. (2016). Peran Guru PKn dalam Kegiatan Pembelajaran di Kelas. Konferensi Nasional Kewarganegaraan Ke-II Penguatan Kajian Isu-Isu Aktual Kewarganegaarn Dalam Konteks Kependidikan Dan Non, 431-438
Elwin, F. P. N. (2023). Penerapan Metode Diskusi dalam Pembelajaran Kewarganegaraan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Educare: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 22–29. https://doi.org/10.56393/educare.v3i1.1100
Erayani, F. N., Sridana, N., Arjudin, A., & Baidowi, B. (2022). Hubungan Kepercayaan Diri dan Kemampuan Komunikasi Matematis dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1875–1884. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.845
Harahap, K., & Surianti, S. (2023). Peranan Guru dalam Menumbuhkan Pendidikan Karakter Kejujuran Siswa di SMP Negeri I Angkola Barat. Jurnal Kewarganegaraan, 2(01), 16–25. https://doi.org/10.37081/kwn.v2i01.1676
Hendriani, M., & Gusteti, M. U. (2021). Validitas LKPD Elektronik Berbasis Masalah Terintegrasi Nilai Karakter Percaya Diri untuk Keterampilan Pemecahan Masalah Matematika SD Di Era Digital. Jurnal Basicedu, 5(4), 2430–2439. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1243
Karyati, E. (2023). Peranan Guru dalam Mengembangkan Kepercayaan Diri Melalui Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VIII SMPN 209 Jakarta. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3679–3686. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23010
Laia, A. (2023). Peran Guru PPKn Sebagai Evaluator dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Civic Society Research and Education: Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(2), 16-29
Maimunawati, S., & Alif, M. (2020). Peran Guru, Orang Tua, Metode dan Media Pembelajaran: Strategi KBM di Masa Pandemi Covid-19. Banten: 3M Media Karya
Novianti, E., Firmansyah, Y., & Susanto, E. (2021). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sebagai Fasilitator dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa. De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 1(1), 13–18. https://doi.org/10.56393/decive.v1i1.6
Nurrohman, M. (2023). Peran Guru PPKn Sebagai Motivator dalam Pembentukan Karakter Tanggungjawab Peserta Didik di SMAN 16 Surabaya. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 11(3), 735-748
Odelia, N., Pramesti, A. S., Alirga, A. N. S., & Karisma, A. D. (2023). Sosialisasi Membangun Rasa Percaya Diri Pada Anak SMAN 1 Polokarto. Karunia: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(3), 181–187. https://doi.org/10.58192/karunia.v2i3.1186
Pratiwi, E. A., Witono, A. H., & Jaelani, A. K. (2022). Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas V SDN 32 Cakranegara Kecamatan Sandubaya Kota Mataram Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1639–1646. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.832
Ratnawati, R. (2018). Peranan Guru Sebagai Model dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional STKIP Andi Matappa Pangkep, 1(1), 1-11. Retrieved from https://journal.stkip-andi-matappa.ac.id/index.php/SemNas/article/view/142
Safitri, E., Wawan., Setiawan, A., & Darmayanti, R. (2023). Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Kahoot Terhadap Kepercayaan Diri dan Prestasi Belajar. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(2), 57–61. https://doi.org/10.61650/jptk.v1i2.154
Sari, Y. 2019. Korelasi Antara Pemahaman Diri dengan Rasa Percaya Diri Peserta Didik Kelas VII SMP Pangundi Luhur Bandar Lampung. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
Sujana, A. A., & Wijaya, R. (2022). Strategi Penanaman Karakter Disiplin Melalui Penegakan Tata Tertib dan Pembelajaran PPKn di SMKN 5 Surabaya. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 11(1), 145-159. https://doi.org/10.26740/kmkn.v11n1.p145-159
Suyantana, I. N., Hafid, I. W., Matona, M. F. A. D., & Widariani, N. K. T. (2023). Pengaruh Kepercayaan Diri Siswa Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Linear: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 110–118. https://doi.org/10.53090/jlinear.v7i2.582
Wahyudi, D., & Azizah, H. (2016). Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Konsep Learning Revolution. Attarbiyah, 26(2016), 1-28. Doi: 10.18326/attarbiyah.v26.1-28
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Almustari A. Enteding, Ahmadin, M. Jayadin Ilham, Abdi Yalida, Mukhlish A. Laadi, Nur Hasanah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.