Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematis
https://doi.org/10.53090/jlinear.v7i1.378
Keywords:
Kemampuan Siswa, Pemecahan Masalah MatematisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi mengenai kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematis di MI Amanah Geresik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis deskriptif. Subjek penelititan ini adalah 6 siswa kelas V MI Amanah Geresik Kecamatan Ciawigebang, Kabupaten Kuningan yang berasal dari 2 orang siswa berkemampuan tinggi, 2 orang siswa berkemampuan sedang, dan 2 orang siswa berkemampuan rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan Subjek penelitian tinggi sudah mampu dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematis dari indikator 1 sampai dengan indikator 4, Subjek penelitian sedang sudah mampu dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematis dari indikator 1 sampai dengan indikator 3, tetapi tidak mampu pada indikator 4, Subjek penelitian rendah hanya mampu pada indikator 1 sampai 2, tetapi tidak mampu pada indikator 3 dan indikator 4.
Downloads
References
Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Edisi Revisi VI. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Halawati, F. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Media Terhadap Kesulitan Belajar Siswa. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains), 6 (1), 23-29.
Halawati, F. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika. Jumlahku (Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan), 5(2), 64-76.
Halawati, F. (2020). Pengaruh Penggunaan Metode Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman Kuningan, 1 (1), 33-39.
Halawati, F., & Firdaus, D. F. (2020). Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Prilaku Siswa MI. Education and Human Development Journal, 5(2), 51-60.
Halawati, F. (2021). Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Audio Visual pada Masa Pandemi Covid-19. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains), 9 (2), 254-261.
Halawati, F., & Laelasari, D. (2022). Mathematics Communication Ability In Mathematics Learning. International Conference on Islamic Studies, 3(1), 72-81.
Hamzah. (2013). Probem Posing dan Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Pustaka Ramadhan.
Kountul, Y. K., & Wibowo, E. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Sparkol Videoscribe Pada Materi Lingkaran Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2),142-158. https://doi.org/10.53090/jlinear.v5i2.207.
Nizam. (2016). Ringkasan Hasil Assesmen Belajar dari Hasil UN, PISA, TIMSS, INAP. Puspendik.
Nur, A. M., & Halawati, F. (2022). Analysis of Mathematics Literature Ability in Review of the Personality of Students. International Journal of Advanced Mathematics Education, 3 (1).
Puspendik. (2016). Trends in International Mathematics and Science Study.
Rahmatiya, R., & Miatun, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Resiliensi Matematis Siswa SMP. Jurnal Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 187-202.
Rambe, A. Y. F., & Afri, L. D. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan dan Deret. Axiom Jurnal Pendidikan dan Matematika, 9(2), 175-187.
Safitri, P. T., Yasinatasari, E., & Putri, S. A. (2020). Analisis Kemampuan Metakognisi Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Model PISA. Journal Of Medives: Journal ef Mathematics Educations IKIP Veteran Semarang, 4(1), 11-21.
Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Moshrafa Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119-130.
Yuwono, T., Spanggih, M., & Ferdiani, R. D. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Polya. Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 137-144.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Firda Halawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.