Pengembangan Perangkat Pembelajaran Persamaan Linier Satu Variabel dengan Pendekatan Open-Ended untuk Melatih Kreativitas Siswa

https://doi.org/10.53090/jlinear.v6i2.366

Authors

  • Rachmah Ratnaningtiyas MTs Negeri 1 Batu, Malang
  • Agus Indra Gunawan MAN 2, Lamongan
  • Sukiyanto Sukiyanto Pendidikan Matematika, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta

Keywords:

Perangkat Pembelajaran, Open Ended, Persamaan Linier, Kreativitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran Persamaan Linier Satu Variabel berdasarkan pendekatan Open-Ended yang baik dan efektif melatih kreativitas siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Penelitian ini mengembangkan perangkat pembelajaran yang berupan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan menggunakan model Plomp yang terdiri dari lima fase yaitu: (1) Investigasi Awal, (2) Desain, (3) Realisasi/Konstruksi, (4) Tes, Evaluasi, Revisi, dan (5) Implementasi. Subjek penelitian untuk kelas ujicoba perangkat pembelajaran adalah kelas VII-A MTs Negeri Batu dengan jumlah siswa 33. Hasil pengembangan perangkat yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), dan Tes Hasil Belajar (THB). Setelah diperoleh perangkat yang baik, selanjutnya dideskripsikan keefektifan pembelajaran dengan pendekatan Open- Ended pada materi Persamaan Linier Satu Variabel untuk melatih kreativitas siswa. Dari hasil analisis yang dilakukan oleh peneliti diperoleh perangkat pembelajaran yang berkualitas baik, yaitu perangkat pembelajaran yang memenuhi kriteria: valid, praktis, dan efektif. Perangkat pembelajaran dikatakan valid karena rata-rata nilai yang diberikan oleh validator mendapat kategori sangat baik yakni minimal 3,4. Perangkat pembelajaran dikatakan praktis karena kemampuan guru mengelola pembelajaran menunjukkan kategori sangat baik, dan aktivitas siswa baik. Perangkat pembelajaran dikatakan efektif karena respons siswa terhadap pembelajaran positif dengan persentase 89%, dan ketuntasan belajar siswa tercapai dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 87,87% dari ketuntasan belajar individual minimal 75. Berdasarkan hasil analisis deskriptif didapatkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan Open-Ended pada materi Persamaan Linier Satu Variabel efektif untuk melatih kreativitas siswa. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan guru mengelola pembelajaran sangat baik, aktivitas siswa dalam pembelajaran baik, respons siswa terhadap pembelajaran positif dengan persentase 88%, dan ketuntasan secara klasikal tercapai yaitu 87,87%, dan hasil penilaian kreativitas siswa meningkat dari sebelum pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arofah, R.N., Maulidah, T., Aisyah, S. 2021. Penerapan Media Gambar Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menulis Puisi. Chalim Journal of Teaching and Learning, 1(1). 108-116.

Departemen Pendidikan Nasional. (2013). Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Jakarta: Depdiknas.

Fitri, Yulia. (2012). Pemahaman Siswa dalam Memecahkan Open Ended Problem Pictures Ditinjau dari Kemampuan Matematika. (Tesis tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Surabaya.

Gunawan, A.I., Nurtiyasari, D., Sukiyanto, S. (2022). The Development of STAD Cooperative Learning Tools to Improve Student Learning Outcomes on Sequences and Series Topic. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 5(1), 53-68. http://dx.doi.org/10.21043/jpmk.v5i1.14056

Hidayat, W., & Sariningsih, R,. 2018. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Adversity Quotient Siswa Smp Melalui Pembelajaran Open Ended. Jurnal JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1). 109-118.

Lee, K. S., Hwang, D. J., & Seo, J. J. (2003). A Development of the Test For Mathematical Creative Problem Solving Ability. Vol 7, No 3.

Mahmudi, A. (2008). Mengembangkan Soal Terbuka (Open-Ended Problem) dalam Pembelajaran Matematika. Makalah Disampaikan Pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Universitas Negeri Yogyakarta.

Nieveen, N. 1999. Prototyping to Reach Product Quality. Jan Van den Akker, Robert Maribe Braneh, Kent Gustafson, and Tjeerd Plomp (Ed), London: Kluwer Academic Publisher.

Richardo, R., Mardiyana, & Saputro, D. R. S. (2014). Tingkat Kreativitas Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Divergen Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(2), 141–151.

Richardo, R. (2020). Pembelajaran Matematika Melalui Konteks Islam Nusantara: Sebuah Kajian Etnomatematika di Indonesia. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 3(1), 86. doi: 10.21043/jpm.v3i1.6998.

Siswono, T. Y. E. (2008). Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan dan Mengajukan Masalah Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan. 15 (1). http://dx.doi.org/10.17977/jip.v15i1.13

Supardi, U.S. 2012. Peran Berpikir Kreatif Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Jurnal Formatif 2(3): 248-262.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukiyanto & Maulidah, T. 2019. Metodologi Penelitian Pendidikan. CV. Pustaka Ilalang Group.

Sukiyanto., Nusantara, T., Sudirman, S., & Sulandra, I. M. (2022). Model mental transition-attempting: The case of beginners students in understanding the concept of integers. Pegem Journal of Education and Instruction, 12(4), 81–88. https://doi.org/10.47750/pegegog.12.04.09.

Sukiyanto, S. (2018). Pengembangan Rencana Pembelajaran Matematika Dengan Model Kooperatif Tipe STAD dan Teori Vygotsky. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 31–41. https://doi.org/10.36277/defermat.v1i2.24

Shimada, S dan Becker, J.P (1997). The Open Ended Approach: A New Proposal for Teaching Mathematics.

Taskiyah, A. N., & Widyastuti, W. (2021). Etnomatematika dan Menumbuhkan Karakter Cinta Tanah Air pada Permainan Engklek. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(1), 81. doi: 10.21043/jmtk.v4i1.10342.

Widodo, S. (2010). Model Pembelajaran Open Ended untuk Menunjang Kreativitas dan Berpikir Kreatif Siswa. Cakrawala Pendidikan.

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Ratnaningtiyas, R. ., Gunawan, A. I., & Sukiyanto, S. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Persamaan Linier Satu Variabel dengan Pendekatan Open-Ended untuk Melatih Kreativitas Siswa. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 75–85. https://doi.org/10.53090/jlinear.v6i2.366