PENGARUH KECEMASAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SMP NEGERI 6 LUWUK

https://doi.org/10.53090/jlinear.v4i1.151

Authors

  • Lakilo Laruli Pendidikan Matematika Universitas Tompotika Luwuk Banggai

Keywords:

Kecemasan Belajar, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Dalam penelitian ini, variabel yang akan diteliti terdiri dari 2 variabel yaitu variabel X dan variabel Y. Dimana kecemasan belajar ditempatkan pada variabel X dan hasil belajar matematika ditempatkan pada variabel Y. yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah 34 peserta didik  Di SMP Negeri 6 Luwuk. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Analisis yang digunakan adalah korelasi product moment. Nilai koefisien korelasi (r)  =  atau 86,71% adalah angka positif. Hal ini menunjukkan pengaruh Kecemasan belajar terhadap hasil belajar matematika Di SMP Negeri 6 Luwuk, sebesar 74,17%. Sedangkan nilai thitung = 7,57, dengan derajat  kebebasan (db) = 34 – 2 = 32 dan taraf signifikansi  0,05 = 1,697 sehingga, thitung  lebih dari pada  ttabel atau  7,57> 1,697 maka korelasi yang terjadi adalah berarti atau signifikan sehingga korelasinya adalah adanya pengaruh Kecemasan belajar terhadap hasil belajar matematika Di SMP Negeri 6 Luwuk. Dengan demikian hipotesis diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chaplin J. P. 2009. Kamus lengkap psikologi. Jakarta: Rajawali Press.

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Dwikurniawati, Annisa. 2014. Prengaruh Kecemasan dan Self Efficacy siswa terhadap hasil belajar matematika Masalah. Skripsi. Tidak dipublikasikan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Ghufron, Dkk. 2009. Teori-teori psikologi. Yogyakarta. Yogyakarta: Arruz Media.

Sudjana, Nana 2009 Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar edisi revisi. Bandung: Rosdakarya.

Sugiyono . 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: IKAPI.

Purwanto, 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Belajar. Yogyakarta.

Downloads

Published

2020-03-27

How to Cite

Laruli, L. (2020). PENGARUH KECEMASAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SMP NEGERI 6 LUWUK. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 7–12. https://doi.org/10.53090/jlinear.v4i1.151

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.