PENGARUH KECEMASAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SMP NEGERI 6 LUWUK
https://doi.org/10.53090/jlinear.v4i1.151
Keywords:
Kecemasan Belajar, Hasil Belajar MatematikaAbstract
Dalam penelitian ini, variabel yang akan diteliti terdiri dari 2 variabel yaitu variabel X dan variabel Y. Dimana kecemasan belajar ditempatkan pada variabel X dan hasil belajar matematika ditempatkan pada variabel Y. yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah 34 peserta didik Di SMP Negeri 6 Luwuk. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Analisis yang digunakan adalah korelasi product moment. Nilai koefisien korelasi (r) = atau 86,71% adalah angka positif. Hal ini menunjukkan pengaruh Kecemasan belajar terhadap hasil belajar matematika Di SMP Negeri 6 Luwuk, sebesar 74,17%. Sedangkan nilai thitung = 7,57, dengan derajat kebebasan (db) = 34 – 2 = 32 dan taraf signifikansi 0,05 = 1,697 sehingga, thitung lebih dari pada ttabel atau 7,57> 1,697 maka korelasi yang terjadi adalah berarti atau signifikan sehingga korelasinya adalah adanya pengaruh Kecemasan belajar terhadap hasil belajar matematika Di SMP Negeri 6 Luwuk. Dengan demikian hipotesis diterima.
Downloads
References
Chaplin J. P. 2009. Kamus lengkap psikologi. Jakarta: Rajawali Press.
Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Dwikurniawati, Annisa. 2014. Prengaruh Kecemasan dan Self Efficacy siswa terhadap hasil belajar matematika Masalah. Skripsi. Tidak dipublikasikan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Ghufron, Dkk. 2009. Teori-teori psikologi. Yogyakarta. Yogyakarta: Arruz Media.
Sudjana, Nana 2009 Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar edisi revisi. Bandung: Rosdakarya.
Sugiyono . 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: IKAPI.
Purwanto, 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Belajar. Yogyakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Lakilo Laruli

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.