MEMINIMALISASIKAN KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK MELALUI STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING

https://doi.org/10.53090/jlinear.v5i1.133

Authors

  • Moh. Fadly A. Dg. Matona Pendidikan Matematika Universitas Tompotika Luwuk Banggai

Keywords:

Kesulitan Belajar, Strategi Active Knowledge Sharing

Abstract

Tujuan Penelitian untuk meminimalkan kesulitan belajar yang ada pada siswa di MAN Luwuk, melalui Strategi Active Knowledge Sharing.  Subjek penelitian adalah siswa kelas X KAG yang berjumlah 32. Jenis penelitian ini  yaitu penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus. Data yang diperoleh dari penelitian ini meliputi : hasil belajar siswa yang menunjukkan indikator  kesulitan belajar yang diambil dari pemberian angket pada akhir siklus, kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran yang diambil dari lembar observasi guru, aktifitas siswa yang  diambil dari lembar observasi siswa. Berdasarkan hasil observasi menunjukkan bahwa terjadi peningkatan terhadap aktivitas pembelajaran siswa dan guru serta kesulitan belajar terjadi penurunan secara signifikan pada siswa melalui Strategi Active  Knowledge Sharing. Hal ini dapat di lihat dari rata-rata capaian aktivitas siswa pada siklus I mencapai 73,96% dan siklus II mencapai 92,45% sementara rata-rata capaian untuk aktivitas guru pada siklus I mencapai 74,17% dan siklus II mencapai 94,58%. Sedangkan berdasarkan hasil analisis kesulitan belajar didapatkan pada siklus I, dengan nilai rata-rata kesulitan pada siklus I diperoleh 26,37% dan siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas 15%. Dengan perolehan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa melalui Strategi Active Knowledge Sharing, maka kesulitan belajar  matematika siswa dapat diminimalisasikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman. 2010. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Erdi Surya dan Rayani Fitri. 2016. “Pengaruh Penerapan Model Active Knowledge Sharing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Sistem Pencernaan di Kelas VIII SMP Negeri 9 Banda Aceh”, Jurnal Pendidikan Serambi Ilmu,Volume 27 Nomor 2.

Idris, Ridwan. 2009. Pendekatan Pendidikan Berbasis Mutu. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 12 (1), 103-123.

Jamal, Fakhrul. 2014. Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh Sumber : http://perdita-alazhar2.blogspot.com/p/konsep-dasar-pendidikan-dan-makna.html

Jamaris, M. (2014). Kesulitan belajar. Bogor, Indoensia: Ghalia Indonesia.

Subini, N. (2011). Mengatasi kesulitan belajar pada anak. Jakarta, Indoensia: Javalitera.

Yamin, Mohamad. 2018. “Penerapan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Batukliang Tahun Pelajaran 2017/2018”, dalam Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, Volume 2 Nomor 3, 2018, hal. 109.

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sudarsono, Yuseba L. 2016. Diagnosis Kesuitan Belajar siswa kelas X MIA SMAN 3 Magelang pada pokok bahasan Trigonometri tahun ajaran 2016/2017.SKRIPSI. Universitas Sanata Darma: Yogyakarta.

Suyati, Sri (2010) Upaya meminimalisaikan Kesulitan Belajar Matematika dengan Mengoptimalkan Kegiatan keompok Belajar pada Siswa kelas V SD Negeri 4 Plumbon kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar.

Downloads

Published

2021-03-28

How to Cite

Matona, M. F. A. D. . . (2021). MEMINIMALISASIKAN KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK MELALUI STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 80–86. https://doi.org/10.53090/jlinear.v5i1.133

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.