KAJIAN TEORITIS DARI ASPEK MANFAAT PENGGUNAAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) BAGI TENAGA PENDIDIK SERTA TANTANGAN SEPUTAR PENELITIAN TINDAKAN
https://doi.org/10.53090/jlinear.v2i2.121
Keywords:
Manfaat Penggunaan PTK, Tantangan Penggunaan PTKAbstract
Dalam konteks pembelajaran di sekolah, penelitian tindakan kelas dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar, prestasi peserta didik, mutu pembelajaran, assesmen pembelajaran, dan berbagai aspek dalam dan terkait dengan pendidikan. Penelitian tindakan memiliki potensi untuk menghasilkan peningkatan yang nyata di sekolah. Penelitian tindakan bahkan berpeluang untuk merefleksikan, melakukan assesmen, mengeksplorasi, dan juga menguji ide-ide baru, metode, bahan, dan serta untuk melakukan assesmen bagaimana efektif sebuah pendekatan, metode, model yang dilakukan, saling berbagi umpan-balik (feedback) sesama anggota tim teaching, untuk membuat keputusan mengenai kurikulum, evaluasi pembelajaran, perencanaan assesmen. Tulisan ini mengulas seputar isu-isu penggunaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) secara teoritis, pelbagai aspek manfaat dan juga tantangan-tantangannya.