KAJIAN TEORITIS DARI ASPEK MANFAAT PENGGUNAAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) BAGI TENAGA PENDIDIK SERTA TANTANGAN SEPUTAR PENELITIAN TINDAKAN

https://doi.org/10.53090/jlinear.v2i2.121

Authors

  • Ilham Akbar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tompotika Luwuk

Keywords:

Manfaat Penggunaan PTK, Tantangan Penggunaan PTK

Abstract

Dalam konteks pembelajaran di sekolah, penelitian tindakan kelas dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar, prestasi peserta didik, mutu pembelajaran, assesmen pembelajaran, dan berbagai aspek dalam dan terkait dengan pendidikan. Penelitian tindakan memiliki potensi untuk menghasilkan peningkatan yang nyata di sekolah. Penelitian tindakan bahkan berpeluang untuk merefleksikan, melakukan assesmen, mengeksplorasi, dan juga menguji ide-ide baru, metode, bahan, dan serta untuk melakukan assesmen bagaimana efektif sebuah pendekatan, metode, model yang dilakukan, saling berbagi umpan-balik (feedback) sesama anggota tim teaching, untuk membuat keputusan mengenai kurikulum, evaluasi pembelajaran, perencanaan assesmen. Tulisan ini mengulas seputar isu-isu penggunaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) secara teoritis, pelbagai aspek manfaat dan juga tantangan-tantangannya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-03-24

How to Cite

Akbar, I. (2021). KAJIAN TEORITIS DARI ASPEK MANFAAT PENGGUNAAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) BAGI TENAGA PENDIDIK SERTA TANTANGAN SEPUTAR PENELITIAN TINDAKAN. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 51–54. https://doi.org/10.53090/jlinear.v2i2.121

Similar Articles

<< < 1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.