MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BERPIKIR BERPASANGAN

https://doi.org/10.53090/jlinear.v2i2.117

Authors

  • Hasman Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tompotika Luwuk

Keywords:

Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika, Penerapan Model Pembelajaran Tipe Berpikir Berpasangan

Abstract

Masalah utama pada penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kreatif  Peserta Didik Kelas VII A  di MTs Al - Ikhlas Tontouan pada materi segitiga. Ada beberapa hal yang menyebabkan permasalahan tersebut diantaranya pada pada dasarnya Peserta Didik kurang perhatian pada proses pembelajaran, malu bertanya pada guru serta kurangnya latihan dalam menyelesaikan soal sehingga peserta didik kesulitan dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan materi segitiga. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian tindak kelas ini mengacu pada model pembelajaran Spiral Kemmis dan Taggrat menurut Arikunto yang dilakukan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Penelitian ini dilakukan Kelas VII A di MTs Al - Ikhlas Tontouan pada Tahun Ajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil tes tindakan, terjadi peningkatan kemampuan berpikir kreatif Peserta Didik. Mulai dari tes awal sampai tes akhir tindakan siklus II. Peningkatannya dapat dilihat dari 69,91% pada siklus I menjadi 89,35% pada siklus II. Untuk hasil observasi peserta didik dan guru terjadi peningkatan dari sikus I sampai sikus II. Peningkatan hasil observasi peserta didik dapat diihat  dari 62,50% pada sikus I menjadi 94,45% pada siklus II,dan peningkatan hasil observasi guru dapat dilihat dari 77,78% dari sikus I menjadi 97,22% pada siklus II. Hal ini menunjukan bahwa penerapan model berpikir berpasangan pada materi segitiga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika  Peserta Didik Kelas VII A di MTs Al - Ikhlas Tontouan Kabupaten Banggai.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-03-24

How to Cite

Hasman. (2021). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BERPIKIR BERPASANGAN . Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 30–33. https://doi.org/10.53090/jlinear.v2i2.117

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.