Kinerja Guru dalam Membimbing Belajar Siswa di SD GKST Sea Kecamatan Mamosalato Kabupaten Morowali
https://doi.org/10.53090/j.linear.v8i2.754
Keywords:
Kinerja Guru, Membimbing BelajarAbstract
Mencapai tujuan pembelajaran perlu adanya kinerja guru yang efektif, sehingga dapat mewujudkan terciptanya suasana pembelajaran di kelas secara optimal. Namun kinerja guru di SD GKST Sea masih tergolong sedang, karena masih menggunakan pembelajaran yang monoton ditambah dengan fasilitas yang minim. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru-guru belum mampu mengelola kelas dan siswa sesuai dengan kondisi di sekolah. Selain itu, kemampuan menyesuaikan dengan siswa dalam berkomunikasi masih kurang sehingga untuk membimbing siswa dalam belajar belum berhasil. Siswa kebanyakan masih tidak dapat memahami apa yang diajarkan oleh guru, mereka masih tidak fokus dalam memperhatikan guru saat pembelajaran. Ditambah lagi masih terdapat guru yang mengajar tidak sesuai dengan bidang keilmuannya atau ijazah terakhirnya.
Downloads
References
Aminuddin., & Aprison, W. (2021) Kreativitas Guru dan Kemampuan Mengelola Kelas terhadap Pendidikan Agama Islam. Al-Aulia: Jurnal Pendidikan dan Ilmu-Ilmu Keislaman, 7(2), 117–128.
Angraini, L. M., Wahyuni, P., Wahyuni, A., Dahlia, A., Abdurrahman., & Alzaber. (2021). Pelatihan Pengembangan Perangkat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bagi Guru-Guru di Pekanbaru. Community Education Engagement Journal, 2(2), 62–73. https://doi.org/10.25299/ceej.v2i2.6665
Bari, A. (2023). Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pkn pada Materi Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara melalui Penggunaan Alat Peraga Gambar di Kelas VI Semester I UPTD SDN Sejati 6 Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang Tahun Pelajaran 2019/2020. Journal on Education, 5(3), 9891-9898. Retrieved from https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/1870
Danim, S. (2015). Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Kencana.
Faruqi, D. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Melalui Pengelolaan Kelas. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 294-310. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v2i1.80
Hariadi, M. F., & Nurlena. (2019). Efektifitas Bimbingan Belajar Siswa yang Mengalami Kesulitan Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Nanggulan Magwoharjo. El-Midad: Jurnal PGMI, 11(1), 61-84.
Kartomo, A. I., & Slameto, S. (2016). Evaluasi Kinerja Guru Bersertifikasi. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 219–229. https://doi.org/10.24246/j.jk.2016.v3.i2.p219-229
Munawir, M., Fitrianti, Y., & Anisa, E. N. (2022). Kinerja Guru Profesional Sekolah Dasar. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 3(1), 8–14. https://doi.org/10.32832/jpg.v3i1.6251
Nelyahardi, N., & Prizunil, M. (2016). Layanan Bimbingan Belajar dalam Mengurangi Kesulitan Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 1(1), 117-135. https://doi.org/10.22437/gentala.v1i1.7094
Nurla, Y., Munawwarah, R. A., Mustafa, H., & Sani, A. (2021). Pengaruh Kemampuan Intelektual dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri 4 Soppeng. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 1(1), 65-80. https://doi.org/10.37531/amar.v1i1.127
Saondi, O., & Suherman, A. (2015). Etika Profesi Keguruan. Bandung: Refika Aditama.
Subakti, H., & Handayani, E. S. (2020). Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 247–255. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.648
Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Susiyawati, E., Widodo, W. Hidayati, S. N. (2019). Analisis Kemampuan Guru IPA dalam Melakukan Penilaian Keterampilan. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 22 (1). 1-13. https://doi.org/10.24252/lp.2019v22n1i1
Sutedjo, A. S., & Mangkunegara, A. P. (2018). Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan di PT. Inti Kebun Sejahtera. BISMA (Bisnis Dan Manajemen), 5(2), 120–129. https://doi.org/10.26740/bisma.v5n2.p120-129
Nadifah, U. (2018). Pembelajaran Terstruktur Bengan Pemberian Tugas Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Kelas IIIA MIN Klagenserut Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan (JIPP), 5(2), 38-45. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JIPP/article/view/117
Wali, G. N. K., Winarko, W., & Murniasih, T. R. (2020). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa dengan Penerapan Metode Tutor Sebaya. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 2(2), 164–173. https://doi.org/10.21067/jtst.v2i2.3574
Widiasworo, E. (2018). Cerdas Pengelolaan Kelas. Yogyakarta: Diva Press.
Wijaya, H., & Susanty, E. (2017). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Instansi Pemerintah Daerah Kabupaten Musi Banyuasin (Studi Kasus Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Musi Banyuasin). Jurnal Ecoment Global, 2(1), 40–50. https://doi.org/10.35908/jeg.v2i1.213
Wulandari, S. (2022). Optimalisasi Penguasaan Materi Pelajaran dan Kemampuan Mengelola Kelas dalam Meningkatkan Kompetensi Mengajar Guru Pendidikan Agama Islam. Chalim Journal of Teaching and Learning, 1(2), 129–137. https://doi.org/10.31538/cjotl.v1i2.134
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Almustari A. Enteding, Asnarita Nento, Arifah Abd. Latif Dunggio

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.