Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di SMA Muhammadiyah Luwuk

https://doi.org/10.53090/jlinear.v7i2.583

Authors

  • Faizah Mangerang Bimbingan dan Konseling, Universitas Tompotika Luwuk

Keywords:

Peran Guru, Bimbingan Konseling, Disiplin

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru Bimbingan dan Konseling dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMA Muhammadiyah Luwuk. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kedisiplinansiswa di SMA Muhammadiyah Luwuk. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah 25 orang siswa kelas XII SMA Muhammadiyah Luwuk. Instrumen dalam penelitian ini yakni: lembar observasi ini dilakukan untuk mengamati peran guru BK dan perilaku siswa-siswi yang ada di sekolah tersebut, dan pedoman wawancara untuk mendapatkan informasi lebih lanjut bagaimana peran Guru BK meningkatkan kedisiplinan dan studi dokumentasi adalah mencari literatur jurnal yang mendukung penelitian tersebut. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran guru bimbingan dan konseling dalam peningkatan kedisiplinan siswa di sekolah dengan cara memberikan contoh (role model), memberikan hukuman atau hadiah, konsisten, disiplin, kerjasama dengan semua stakeholder termasuk orang tua, tegas dalam melaksanakan tugas, memberikan bimbingan dan arahan kepada siswa agar bisa lebih baik (disiplin) serta cekatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, Y. T., Gunanto, E., & Listiani, T. (2017). Hubungan Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar Siswa Kelas IX Pada Pembelajaran Matematika di Suatu Sekolah Kristen. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 1(1), 32-40. doi:http://dx.doi.org/10.19166/johme.v1i1.716.

Astuti, A. D. (2017). Optimalisasi Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Menguatkan Nilai-Nilai Moral Remaja Yang Berkarakter. Prosiding Seminar Nasional: Peran Bimbingan dan Konseling dalam Penguatan Pendidikan Karakter Universitas Ahmad Dahlan, 27–36.

Jurumiah, A. H., & Saruji, H. (2020). Sekolah Sebagai Instrumen Konstruksi Sosial di Masyarakat. Istiqra': Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 7(2), 1-9.

Kurniawan, S. (2017). Pendidikan Karakter: Konsepsi & Implementasi Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, & Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Lubis, A., Elita, Y., & Afriyati, V. (2018). Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Meningkatkan Regulasi Emosi Pada Siswa SMA Di Kota Bengkulu. Consilia: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling, 1(1). 43-51. https://doi.org/10.33369/consilia.1.1.43-51.

Makkawaru, M. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Kehidupan dan Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Konsepsi, 8(3), 116-119.

Mariah, S., Andayani, S. W., & Sari, A. S. (2019). Character Development In Virtual Class. Conference: International Conference of Science and Technology for the Internet of Things. Yogyakarta. doi:10.4108/eai.19-10-2018.2282821.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis; A Methods Sourcebook. Arizona State University USA: Sage.

Mulyasa, E. (2019). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Prasetiawan, H. (2016). Peran Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan Ramah Anak Terhadap Pembentukan Karakter Sejak Usia Dini. Jurnal CARE: Children Advisory Research and Education, 4(1), 42-49.

Prayitno., & Amti, E. (2018). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Rochimi, I. F., & Suismanto. (2019). Upaya Guru Menanamkan Nilai-nilai Kedisplinan pada Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(4), 231-246. https://doi.org/10.14421/jga.2018.34-02.

Rufaedah, E. A., & Maesaroh. (2021). Peran Guru BK dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Balongan. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 2(1), 8-15. https://doi.org/10.31943/counselia.v2i2.10.

Salouw, J. H., Suharno., & Talapessy, R. (2020). Peran Guru dalam Meningkatkan Karakter Disiplin untuk Mewujudkan Ketahanan Pribadi Siswa Melalui Pembelajaran PPKn (Studi Kasus di SMA 1 Wonreli Maluku Barat Daya). Jurnal Ketahanan Nasional, 26(3), 380-398. http://dx.doi.org/ 10.22146/jkn.56318.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta.

Yuhana, A. N., & Aminy, F. A. (2019). Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Konselor dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 79-96. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.357.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Mangerang, F. (2023). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di SMA Muhammadiyah Luwuk. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 127–135. https://doi.org/10.53090/jlinear.v7i2.583

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 

You may also start an advanced similarity search for this article.