Hubungan Berpikir Kritis dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas VIII di SMPN 15 Kota Serang

-

https://doi.org/10.53090/jlinear.v7i1.414

Authors

  • Nurdiana Teknologi Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Cucu Atikah Teknologi Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Lukman Nulhakim Teknologi Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Keywords:

Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Pendidikan Kewarganegaan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis hubungan berpikir kritis dengan hasil belajar peserta didik mata pelajaran PPKn kelas VIII di SMPN 15 Kota Serang. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Metode penelitian korelasi digunakan untuk mengetahui hubungan berpikir kritis dengan hasil belajar PPKn. Populasi penelitian adalah kelas VIII berjumlah 263 dan sampel berjumlah 40. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan instrumen tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan yaitu 31,6% berpikir kritis peserta didik dengan hasil belajar pada mata pelajaran PPKn kelas VIII di SMPN 15 Kota Serang. Kesimpulan pada penelitian yaitu semakin positif berpikir kritis peserta didik maka akan semakin baik pula hasil belajar PPKn peserta didik demikian juga sebaliknya semakin kurang baik berpikir kritis peserta didik maka akan membawa dampak rendahnya hasil belajar PPKn.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badriah, L., & Ramdani, D. (2018). Model Brain Based Learning (BBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Pokok Bahasan Sistem Indra. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 303-309. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i1.276.

Hermawan, Y. C., Juliani, W. I., & Widodo, H. (2020). Konsep Kurikulum dan Kurikulum Pendidikan Islam. Jurnal Mudarrisuna Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 10(1), 34-44. http://dx.doi.org/10.22373/jm.v10i1.4720.

Kemendikbud Ristek. (2021). Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Luqman. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Project Citizen untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa. Ilmu Pendidikan Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 2(1), 44-59. http://dx.doi.org/10.17977/um027v2i12017p044.

Lombu’u, R. (2019). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA Negeri 2 Gowa. Tesis. Universitas Negeri Makassar. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14823.

Mukhlisotin, F. A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Project Citizen Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 7(1), 214-227. http://journal2.um.ac.id/index.php/jppk.

Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan, 3(2), 155-158. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/.

Putri, M C. I., Sutiadiningsih, A., Nurlaela, L., & Purwidiani, N. (2021). Hubungan Penerapan Project Based Learning Portofolio Proses dengan Kemampuan Berpikir Kritis dan Bertanggungjawab. Jurnal Tata Boga, 10(1), 76-86.

Sani, S. A. (2019). Strategi Belajar Mengajar. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Saparuddin., Patongai, D. D. P. U. S., & Sahribulan. (2021). Hubungan Antara Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal IPA Terpadu, 5(1), 103-111. https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v5i1.25502.

Sundayana, R. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Shufani, N. I. (2019). Pengaruh Kreativitas dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Seni Rupa Siswa Kelas IV SD Se-Dabin I Kecamatan Tegal Selatan Kota Tegal. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Trisiana, A., & Wartoyo. (2020). Project Citizen (Inovasi Model Pembelajaran Pendidikan Keewarganegaraan). Solo: Unisri Press.

Yanti, W. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instrucsion) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X IPA 1 SMAN 15 Kota Takengon Tahun Pelajaran 2018-2019. 7(2): 115-120. http://dx.doi.org/10.22373/biotik.v7i2.5652.

Zahra, R. A., Relamsira, S. C., & Juneau, J. L. (2018). Upaya Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Mata Pelajaran PKn melalui Metode Bermain Peran. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 175-183. ttps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/index.

Downloads

Published

2023-03-31

How to Cite

Nurdiana, Atikah, C. ., & Nulhakim, L. (2023). Hubungan Berpikir Kritis dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas VIII di SMPN 15 Kota Serang: -. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 66–78. https://doi.org/10.53090/jlinear.v7i1.414

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.