PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INQUIRI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn

https://doi.org/10.53090/jlinear.v4i2.167

Authors

  • Almustari Enteding Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Tompotika Luwuk Banggai

Keywords:

Pembelajaran Inquiry, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakanginya minat dan motivasi siswa, kesulitan pemahaman dan kompetensi siswa, rendahnya nilai siswa, kurang efektifnya belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan minat dan motivasi siswa, meningkatkan hasil belajar serta mengurangi kesulitan dan meningkatkan aktifitas proses belajar mengajar PPKn. Dari data pengamatan terhadap aktifitas peneliti dan siswa, kemampuan guru mengelola pembelajaran, respon siswa dan tes setelah pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran inquiri  diperoleh hasil: (1). Aktifitas guru mengamati aktifitas siswa adalah 25%, dan memberikan latihan terbimbing 17,86% sementara aktifitas dominan siswa mengerjakan soal 31,07%, (2) kemampuan guru mengelola pembelajaran 3,18 % (cukup baik). (3) ketuntasan belajar siswa 93,55%, (4) Respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan metode inquiri adalah positif, yaitu 97,14% tertarik, 77,14% berpendapat baru dan masing-masing 82,86%, dan 71,43%  berpendapat dan baru masing-masing 82,86%, dan 71,43% berpendapat mudah. Pembelajaran dengan menggunakan metode inquiri merupakan pembelajaran yang cocok diterapkan pada pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk memperoleh ketuntasan belajar siswa dan aktifitas proses belajar mengajar sekaligus meningkatkan minat dan motivasi siswa, mengurangi kesulitan dan meningkatkan hasil belajar siswa serta meningkatkan efektifitas proses belajar mengajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, Muhammad. 2002. Guru Dalam proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Arikunto, Suharmini. 1992. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Borlioner. 1989. Study Of Method. Bandung: Alfabeta.

Gulo. 2005. Penerapan Metode Pembelajaran di Sekolah. Bandung: Alfabeta.

Koes. 2003. Metode Belajar Bagi siswa. Gunung Agung. Yogyakarta Kamus Besar Bahasa Indonesia. 1995. Jakarta: Rineka Cipta.

M. Echols & Hasan Sadily. 1997. Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Mappa, Syamsu. 1997. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Grafindo.

Moejono. 1992. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Gaung Persada (GP) Press.

Roestiyah. 2001. Teknik dalam pembelajaran di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. 1995. Belajar yang Efektif di Sekolah. Bandung: Tarsito.

Sriwidia, Ningsih. 2005. Diklat Strategi Belajar Mengajar. Jakarta.

Sudjana. 2000. Dasar-dasar Proses belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Suhairini dkk. 1983. Metode Belajar di Sekolah. Jakarta: Gunung Agung.

Sumantri. 1999. Mempraktekkan Inquiry Di ruang-ruang Kelas. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2020-10-18

How to Cite

Enteding, A. (2020). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INQUIRI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 65–75. https://doi.org/10.53090/jlinear.v4i2.167

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.