MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRING MINDS WANT TO KNOW

https://doi.org/10.53090/jlinear.v4i2.163

Authors

  • Lakilo Laruli Pendidikan Matematika Universitas Tompotika Luwuk Banggai

Keywords:

Kemampuan Penalaran Matematika, Inquiring Minds Want to Know

Abstract

Penelitian ini dilakukan Kelas VIIA di SMP Negeri 2 Luwuk. Berdasarkan hasil tes tindakan, terjadi peningkatan Kemampuan Penalaran  Matematika Peserta Didik. Mulai dari tes awal sampai tes akhir tindakan siklus II. Peningkatannya dapat dilihat dari 69,60% pada siklus I menjadi 95,60% pada siklus II. Untuk hasil observasi peserta didik dan guru terjadi peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Peningkatan hasil observasi peserta didik dapat diihat  dari 66,67% pada siklus I menjadi 96,36% pada siklus II, dan peningkatan hasil observasi guru dapat dilihat dari 72,92% dari siklus I menjadi 97,22% pada siklus II. Hal ini menunjukan bahwa penerapan Strategi pembelajaran inquiring minds want to know pada Materi Garis dan sudut dapat meningkatkan Kemampuan Penalaran  Matematika Peserta Didik Kelas VII A di SMP Negeri 2 Luwuk.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Hisyam Zaini. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Herdian 2010. Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Prestasi Matematika dengan Pendekatan Konstruktivisme pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 5 no 20 November 2018.

Shadiq, F. 2013. Penalaran Pemecahan Masalah dan Komunikasi Dalam Pembelajar Matematika. Depdiknas. Dirjen Dikdasmen PPPG Matematika Yogyakarta.

Sumarmo, Utari dan Permana, Yanto. 2010. Mengembangkan Kemampuan Penalaran dan koneksi Matematik Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah.. Tersediapada http://file.upi.edu/Direktori/JURNAL/EDUCATIONIST/Vol._I_No._2-Juli_2007/6_Yanto_Permana_Layout2rev.pdf diakses pada tanggal 20 Maret 2020.

Puspa Sari Rika 2017. Strategi Inquiring Minds Want To Know untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Min Lhoknga Aceh Besar. Skripsi sudah dipublikasikan.

Downloads

Published

2020-10-18

How to Cite

Laruli, L. (2020). MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRING MINDS WANT TO KNOW . Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 39–44. https://doi.org/10.53090/jlinear.v4i2.163

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.