Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning
https://doi.org/10.53090/j.linear.v9i2.1063
Keywords:
Minat Belajar, Model Pembelajaran PBLAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar matematika peserta didik kelas X-7 SMA Negeri 7 Palu melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL). Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat belajar akibat persepsi bahwa matematika sulit dan metode pembelajaran yang kurang menarik. Melalui metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus, data dikumpulkan menggunakan angket dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan minat belajar peserta didik dari 72% pada siklus I menjadi 85% pada siklus II. Temuan ini menegaskan bahwa penerapan PBL secara inovatif mampu menumbuhkan ketertarikan dan partisipasi aktif peserta didik dalam pembelajaran matematika.
Downloads
References
Asih., & Imami, A. I. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Smp Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 799-808. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.p799-808
Asmi, A., Neldi, H., & Khairuddin. (2018). Meningkatkan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan melalui Metode Bermain pada Kelas VIII-4 Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Batusangkar. Jurnal Menssane, 3(1), 33-44. https://doi.org/10.24036/jm.v3i1.64
Dayeni, F., Irawati, S., & Yennita. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 28-35. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.28-35
Elizabeth, A., & Sigahitong, M. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 6(2), 66-76. https://doi.org/10.33394/j-ps.v6i2.1044
Friantini, R. N., & Winata, R. (2019). Analisis Minat Belajar Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(1), 6–11.
Gulo, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA. Educativo: Jurnal Pendidikan, 01(01), 334–341. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.58
Habib, L., Zubair, M., & Terta Astuti, Y. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada kelas VIII C SMP Negeri 11 Mataram. Jurnal Ilimiah Profesi Pendidikan, 10(1), 956-963. https://doi.org/10.29303/jipp.v10i1.3089
Hartono, I. P., Suharto, Y., Sahrina, A., & Soekamto, H. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 3(8), 918–931.
Kusuma, J. W., & Hamidah. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS dan Cooperative Script terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 65-69. https://doi.org/10.24176/anargya.v2i1.3460
Khakim, N., Santi, N. M., Assalami, A. B. U., Putri, E., & Fauzi, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PPKn Di SMP YAKPI 1 DKI Jaya. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2), 347–358. https://doi.org/10.37640/jcv.v2i2.1506
Maulida, N. A., Mulyanti, Y., & Lukman, H. S. (2022). pengembangan alat perga papan aljabar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika. Jurnal Peka (Pendidikan Matematika), 5(2), 70-78. https://doi.org/10.37150/jp.v5i2.1326
Maulidiana., Fitrianawati, M., & Rahya. (2020). Penerapan Model Pembelajan Problem Based Learning dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 8 Nisam antara Tahun Pelajaran 2020/2021. Prosiding Pendidikan Profesi Guru Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas.
Permatasari, B. D., Gunarhadi., & Riyadi. (2019). The influence of problem based learning towards social science learning outcomes viewed from learning interest. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 8(1), 39–46. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i1.15594
Prayuga, Y., & Abadi, A. P. (2020). Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 2(1), 1052-1058.
Ratnawati, D., Handayani, I., & Hadi, W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Pbl Berbantu Question Card Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(01), 44–51. https://doi.org/10.22437/edumatica.v10i01.7683
Sandi, N. R., Nisa, S., & Suriani, A. (2024). Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(2), 294-303. https://doi.org/10.30640/dewantara.v3i2.2654
Sari, N., & Ningsih, Y. L. (2023). Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik SMA Menggunakan Model Problem Based Learning Berbasis Kearifan Lokal. Differentional:Journal On Mathematics Education, 1(1), 195–206.
Sihombing, C. E., Lubis, R., & Ardiana, N. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Selama Pandemi Covid-19 Ditinjau dari Minat Belajar Siswa. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(2), 285–295.
Syamsidah, & Suryani, H. (2018). Buku Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Mata Kuliah Pengetahuan Bahan Makanan. Yogyakarta: Deepublish.
Zulfah, N. (2023). Pemanfaatan Media Game Edukasi Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. PTK: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i1.5
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ni Kadek Rendi Riawati, I Nyoman Murdiana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.








