Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning

https://doi.org/10.53090/j.linear.v9i2.1063

Authors

  • Ni Kadek Rendi Riawati Universitas Tadulako, Indonesia
  • I Nyoman Murdiana Universitas Tadulako, Indonesia

Keywords:

Minat Belajar, Model Pembelajaran PBL

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar matematika peserta didik kelas X-7 SMA Negeri 7 Palu melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL). Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat belajar akibat persepsi bahwa matematika sulit dan metode pembelajaran yang kurang menarik. Melalui metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus, data dikumpulkan menggunakan angket dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan minat belajar peserta didik dari 72% pada siklus I menjadi 85% pada siklus II. Temuan ini menegaskan bahwa penerapan PBL secara inovatif mampu menumbuhkan ketertarikan dan partisipasi aktif peserta didik dalam pembelajaran matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asih., & Imami, A. I. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Smp Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 799-808. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.p799-808

Asmi, A., Neldi, H., & Khairuddin. (2018). Meningkatkan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan melalui Metode Bermain pada Kelas VIII-4 Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Batusangkar. Jurnal Menssane, 3(1), 33-44. https://doi.org/10.24036/jm.v3i1.64

Dayeni, F., Irawati, S., & Yennita. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 28-35. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.28-35

Elizabeth, A., & Sigahitong, M. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 6(2), 66-76. https://doi.org/10.33394/j-ps.v6i2.1044

Friantini, R. N., & Winata, R. (2019). Analisis Minat Belajar Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(1), 6–11.

Gulo, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA. Educativo: Jurnal Pendidikan, 01(01), 334–341. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.58

Habib, L., Zubair, M., & Terta Astuti, Y. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada kelas VIII C SMP Negeri 11 Mataram. Jurnal Ilimiah Profesi Pendidikan, 10(1), 956-963. https://doi.org/10.29303/jipp.v10i1.3089

Hartono, I. P., Suharto, Y., Sahrina, A., & Soekamto, H. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 3(8), 918–931.

Kusuma, J. W., & Hamidah. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS dan Cooperative Script terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 65-69. https://doi.org/10.24176/anargya.v2i1.3460

Khakim, N., Santi, N. M., Assalami, A. B. U., Putri, E., & Fauzi, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PPKn Di SMP YAKPI 1 DKI Jaya. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2), 347–358. https://doi.org/10.37640/jcv.v2i2.1506

Maulida, N. A., Mulyanti, Y., & Lukman, H. S. (2022). pengembangan alat perga papan aljabar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika. Jurnal Peka (Pendidikan Matematika), 5(2), 70-78. https://doi.org/10.37150/jp.v5i2.1326

Maulidiana., Fitrianawati, M., & Rahya. (2020). Penerapan Model Pembelajan Problem Based Learning dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 8 Nisam antara Tahun Pelajaran 2020/2021. Prosiding Pendidikan Profesi Guru Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas.

Permatasari, B. D., Gunarhadi., & Riyadi. (2019). The influence of problem based learning towards social science learning outcomes viewed from learning interest. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 8(1), 39–46. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i1.15594

Prayuga, Y., & Abadi, A. P. (2020). Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 2(1), 1052-1058.

Ratnawati, D., Handayani, I., & Hadi, W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Pbl Berbantu Question Card Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(01), 44–51. https://doi.org/10.22437/edumatica.v10i01.7683

Sandi, N. R., Nisa, S., & Suriani, A. (2024). Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(2), 294-303. https://doi.org/10.30640/dewantara.v3i2.2654

Sari, N., & Ningsih, Y. L. (2023). Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik SMA Menggunakan Model Problem Based Learning Berbasis Kearifan Lokal. Differentional:Journal On Mathematics Education, 1(1), 195–206.

Sihombing, C. E., Lubis, R., & Ardiana, N. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Selama Pandemi Covid-19 Ditinjau dari Minat Belajar Siswa. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(2), 285–295.

Syamsidah, & Suryani, H. (2018). Buku Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Mata Kuliah Pengetahuan Bahan Makanan. Yogyakarta: Deepublish.

Zulfah, N. (2023). Pemanfaatan Media Game Edukasi Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. PTK: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i1.5

Downloads

Published

2025-10-31

How to Cite

Riawati, N. K. R., & Murdiana, I. N. (2025). Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(2), 103–115. https://doi.org/10.53090/j.linear.v9i2.1063

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.