Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

https://doi.org/10.53090/j.linear.v9i1.1010

Authors

  • Srikanti R. Abdullah SDN 3 Inpres Banggai Kepulauan, Indonesia
  • Patima M. Usman Pendidikan Matematika, Universitas Tompotika Luwuk, Indonesia
  • I Nyoman Suyantana Pendidikan Matematika Untika Luwuk Banggai
  • Elok Faik Khotun Nihayah Pendidikan Matematika, Universitas Tompotika Luwuk, Indonesia

Keywords:

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, SPLDV

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis dalam menyelesaikan soal pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) serta untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematis di kelas VIII SMP Negeri 1 Totikum. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Triangulasi data yang digunakan adalah triangulasi teknik. Subjek penelitian terdiri dari 2 orang siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek RH dengan kemampuan tinggi mampu menyelesaikan soal nomor 1 dengan benar berdasarkan tahapan kemampuan pemecahan masalah, yakni memahami, merencanakan, menyelesaikan, dan mengevaluasi masalah. Sedangkan pada soal nomor 2, subjek RH kurang tepat dalam tahap memahami masalah. Selanjutnya, untuk subjek F dengan kemampuan rendah mampu menyelesaikan kedua soal dengan tahapan pemecahan masalah, namun masih banyak melakukan kekeliruan dalam setiap prosesnya. Hal ini disebabkan oleh kurangnya memahami soal, bingung dalam membuat pemisalan, kebiasaan tidak melengkapi proses tahapan pemecahan masalah dalam menjawab soal, kurang memperhatikan guru pada saat proses pembelajaran, kurangnya motivasi belajar matematika, tidak mengevaluasi kembali jawaban penyelesaian, pergaulan siswa, serta kurangnya kemampuan dasar matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustami., Aprida, V., & Pramita, A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Lingkaran. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPMM), 3(1), 224-231.

Asri, A., Kurniati, N., Triutami, T. W., & Turmuzi, M. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Soal Cerita Matematika Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Ditinjau dari Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 1 Masbagik Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 742–751. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1305

Buyung., Wahyuni, R., & Mariyam. (2022). Faktor Penyebab Rendahnya Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di SD 14 Semperiuk A. JERR: Journal of Educational Review and Research, 5(1), 46-51.

Cahyana, Y., Lestari, K., & Abadi, A. (2025). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 11(3.B), 178-183.

Candrasari, D., Ningrum, N. A., Sofiana, R. A., Amalia, S. K., & Masfuah, S. (2023). Analisis Kesulitan dalam Memahami Soal Cerita Siswa Kelas IV SD 1 Bulungcangkring Materi Satuan Panjang Dan Berat. Linear: Journal of Mathematics Education, 4(1), 11-21. https://doi.org/10.32332/linear.v4i1.6341

Hapsari, S. I., Ngatman., & Wahyudi. (2023). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Tentang Pengukuran Sudut di Kelas 4 SD Negeri Kanding Tahun Ajaran 2021/2022. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(1), 114-120. https://doi.org/10.20961/jkc.v11i1.63704

Hermaini, J., & Nurdin, E. (2020). Bagaimana Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dari Perspektif Minat Belajar. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(2), 141-148. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i2.9597

Lestari, N., & Suryani, D. R. Penggunaan Variasi Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi dan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Merauke. Musamus Journal of Mathematics Education, 1(2), 74-79.

Lubis, F. A., Azizah, N., Ardiani, V., & Zahari, C. L. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Ditinjau dari Self Directed Learning. Jurnal Dirosah Islamiyah, 5(2), 411-419. https://doi.org/10.47467/jdi.v5i2.2974

Mutiara., Rosida, V., & Kamaruddin, R. (2025). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Kubus dan Balok. Poligon: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 56-68.

Nurvitasari, T., Subarinah, S., Kurniawan, E., & Arjudin. (2024). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau Dari Gaya Belajar Pada Siswa Kelas VIII. Journal of Classroom Action Research, 6(1), 9–16. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i1.6672

Rahayu, I. F., & Aini, I. N. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siwa SMP pada Materi Bilangan Bulat. Maju: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 60-66.

Rahimah, N. (2019). Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Materi Bangun Datar Segi Empat Berdasarkan Kemampuan Matematik. Theta: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 37–41.

Rusmining. (2020). Belajar dan Pembelajaran Matematika. Universitas Ahmad Dahlan. Yogyakarta.

Saputra, Y. P., Baidowi., Wulandari, N. P., & Hikmah, N. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 85–94. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2800

Septiani, E. S., & Nurhaayati, E. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Adversity Quotient (AQ) Peserta Didik Melalui Model Problem Based Learning (PBL). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi, 168-175.

Siregar, R. M. R., & Dewi, I. (2022). Peran Matematika dalam Kehidupan Sosial Masyarakat. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 4 (3), 77-89.

Suraji., Maimunah., & Saragih, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 9-16. http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v4i1.5057

Usman, P. M., Isal, T., & Nihayah, E. F. K. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Jurnal Basicedu, 6(1), 664-674. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1990

Yuwono, T., Supanggih, M., & Ferdiani, R. D. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Polya. Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 137-144. https://doi.org/10.21274/jtm.2018.1.2.137-144

Downloads

Published

2025-03-23

How to Cite

Abdullah, S. R., Usman, P. M., Suyantana, I. N., & Nihayah, E. F. K. (2025). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(1), 63–75. https://doi.org/10.53090/j.linear.v9i1.1010

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.