STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA TANI BUAH SALAK DI KECAMATAN SIMPANG RAYA KABUPATEN BANGGAI

https://doi.org/10.52045/jimfp.v1i3.94

Authors

  • Endang Puji Astuti Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian, Universitas Tompotika Luwuk
  • Irsan Z. Tatu Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Tompotika Luwuk
  • Trianto Enteding Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Tompotika Luwuk

Keywords:

SWOT, strategi pengembangan, Buah salak

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (a) Faktor strategi internal dan eksternal dalam pengembangan usahatani buah salak pondoh yang ada di Kecamatan Simpang Raya Kabupaten Banggai, (b) Menentukan strategi pengembangan usahatani buah salak pondoh yang ada di Kecamatan Simpang Raya Kabupaten Banggai. Berdasarkan hasil analisis SWOT bahwa hasil skoring faktor internal dan faktor eksternal, perolehan nilai tertinggi terdapat pada strategi SO (Strengths-Opportunities) sebesar 4,50, strategi ST (Sterngths-Treats) sebesar 3,30, Strategi WO (Weaknesses-Opportunities) sebesar 2,67, sedangkan yang terendah terdapat pada strategi WT (Weaknesses- Threats) sebesar 1,41, sehingga strategi yang di sarankan adalah strategi SO dengan memanfaatkan kekuatan dan peluang yang  ada antara lain : faktor kekuatan (Strenghts) memilikii pengaruh atau tingkat kepentingan relatif tertinggi dalam pengembangan usahatani salak dengan  nilai sebesar 2,56 yang terdiri dari : (1) Pengalaman berusahatani sebesar 0,51 (2) Tahan terhadap iklim sebesar 0,51 (3) Menggunakan pupuk organik sebesar 0,5 (4) Ketersediaan lahan sebesar 0,51 (5) Ketersediaan Tenaga Kerja 0,51 sedangkan Peluang (Opportunities) memilikii pengaruh atau tingkat kepentingan relatif tertinggi dalam pengembangan usahatani salak dengan  nilai sebesar1,94 yang terdiri dari : (1) Harga jual relatif tinggi sebesar 0,34 (2) Adanya permintaan pasar sebesar 0,57 (3) Adanya peluang agribisnis sebesar 0,34 (4) Budidaya salak masih kurang sebesar 0,34 (5) Adanya pembeli dari luar Kecamatan sebesar 0,34.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aji, A., 2014. Strategi Pengembangan Agribisnis Komoditas Padi Dalam Meningkatkan Ketahanan Pangan Kabupaten Jember. Jurnal Manajemen dan Agribisnis, 11(1), 60–67

Arikunto, 2002. Prosedur Penelitian Suatu Proyek. Rineka Cipta, Jakarta.

Cahyanti, G.D. 2009. Strategi Pemasaran Virgin Coconut Oil Produk Industri Kecil (Studi Kasus di PT. Bogor Agro Lestari). Skripsi. Program Studi Manajemen Agribisnis, Fakultas Teknologi Pertanian IPB, Bogor.

Enteding, T, 2016. Analisis Pemasaran dan Strategi Pengembangan Komoditi Kedelai di Desa Nipa Kalemoan Kecamatan Bualemo Kabupaten Banggai. Jurnal Sains Dan Teknologi Tadulako, 3(3), 11–24.

Efferson. 2001. Teori Ilmu Usahatani. Bumi Aksara., Jakarta

Hastuti S, 2013. Strategi Pengembangan Salak Pondoh Pronojiwo Kabupaten Lumajang. Jurnal Ilmiah INOVASI, 13 (3) : 233-240

Hubeis dan Najib, 2008. Manajemen Strategis Dalam Pengembangan Daya Saing Organisasi. PT Elex Media Komputindo, Jakarta.

Irham Fahmi, 2014, Manajemen Strategis. ALFABETA Bandung.

Masyhuri, 2003. Pengembangan Agribisnis dalam Era Globalisasi. Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar dalam Ilmu Ekonomi Pertanian/Agribisnis pada Fakultas Pertanian UGM. Jogyakarta.

Poerwanto, R. 2004. Pembangunan Sentra Produksi Buah berbasis Mutu. Penebar Swadaya. Jakarta.

Rahayu, W., 2011. Strategi Pengembangan Komoditas Pertanian Unggulan Di Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro. SEPA, 7(2), 127–134.

Setiani., 2018. Strategi Pengembangan Bawang Merah di Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan, 26 (2) : 143-152

Soekartawi, 2005. Agribisnis Teori dan Aplikasinya, Raja Grafindo Persada Jakarta.

Suharso, 2016. Strategi Pengembangan Agribisnis Salak Nglumut Bersertifikasi Prima di Kabupaten Magelang. Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro. Jateng

Suratiyah, K., 2008. Ilmu Usahatani. Penebar Swadaya, Jakarta.

Yatim. H, 2010. Analisis Pendapatan dan Strategi Pengembangan Usahatani Kedelai di Kecamatan Bualemo. Tesis. Universitas Tadulako. Palu.

Downloads

Published

2021-12-02

How to Cite

Astuti, E. P., Tatu, I. Z., & Enteding, T. . (2021). STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA TANI BUAH SALAK DI KECAMATAN SIMPANG RAYA KABUPATEN BANGGAI. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Pertanian , 1(3), 70–76. https://doi.org/10.52045/jimfp.v1i3.94

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.