Deskripsi Kesulitan Belajar Matematika Siswa dalam Merencanakan dan Menerapkan Prinsip Matematika Pada Materi Pecahan

https://doi.org/10.53090/j.linear.v8i2.775

Authors

  • Nurfita Landu SD Tahfizh Plus Khoiru Ummah Luwuk, Sulawesi Tengah, Indonesia
  • Patima M Usman Pendidikan Matematika, Universitas Tompotika Luwuk, Indonesia
  • Elok Faik Khotun Nihayah Pendidikan Matematika, Universitas Tompotika Luwuk, Indonesia
  • Dian Puspapratiwi Agribisnis, Universitas Tompotika Luwuk, Indonesia

Keywords:

Kesulitan Belajar Matematika, Pecahan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan belajar matematika siswa dalam merencanakan dan menerapkan prinsip matematika pada materi pecahan bentuk soal cerita. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskripsi dengan pendekatan kualitatif. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan awal matematika, tes kemampuan pemecahan masalah matematika, dan pedoman wawancara. Subjek yang diambil sebanyak 3 orang siswa dengan kriteria kemampuan siswa rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek 1 dan subjek 3 masih keliru dalam merencanakan dan menerapkan prinsip matematika dalam menyelesaikan soal. Kesulitan belajar yang dialami subjek 1 dan subjek 3 adalah: 1) Kesulitan belajar konsep matematika, 2) Kesulitan belajar prosedural matematika, dan 3) Kesulitan belajar prinsip matematika. Sedangkan subjek 2 masih kurang tepat dalam menerapkan prinsip matematika dalam menyelesaikan soal. Kesulitan belajar yang dialami oleh subjek 2 adalah: 1) Kesulitan belajar prosedural matematika, dan 2) Kesulitan belajar prinsip matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afikah, T. N. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Pecahan Siswa Kelas IV di SD Negeri Brengosan 1. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 7(1), 1-12.

Amaliyah, A., Rini, C. P., Hartantri, S. D., & Yuliani, S. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Taman Cibodas Kecamatan Periuk Kota Tangerang. Indonesian Journal of Elementary Education, 2(1), 11-20.

Ayu, S., Ardianti, S. D., & Wanabuliandari, S. (2021). Analisis Faktor Penyebab KEsulitan Belajar Matematika. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1611-1622. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3824

Buyung., & Sumarli. (2021). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah. VAriabel, 4(2), 61-66). http://dx.doi.org/10.26737/var.v4i2.2722

Dewi, S. D. A. S., Roza, Y., & Maimunah, M. (2020). Faktor Penyebab Siswa tidak dapat Menyelesaikan Soal Materi Limit Fungsi Aljabar. E-Saintika: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan, 4(2), 134-150. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v4i2.206

Dwidarti, U., Mampouw, H., & Setyadi, D. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 315-322. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.110

Kadir, V. T., Nurwan., Zakiyah, S., & Mohidin, A. D. (2022). Deskripsi Kesulitan Belajar Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Bilangan Berpangkat di SMP Negeri 1 Biluhu. Jambura: Journal of Mathematics Education, 3(1), 38–47. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i1.13279

Prasasti, D., Amaliyah, A., & Nuraeni, Y. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Materi Pecahan Siswa Kelas III SDN Pinang 1. JPDK: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(5), 371–376. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6609

Prastiwi, R., & Saputro, B. A. (2023). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian Pecahan Kelas V SD. Potlot Publisher, 90-99.

Rachmawati, A., & Adirakasiwi, A. G. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 835-842. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.p%25p

Rizqi, A. F., Adilla, B. L., Sulistiyawati, E., & Taufiqurrohmah. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar dan Alternatif Pemecahannya. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 481-488. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i1.588

Sari, M., & Hasanudin, C. (2023). Manfaat Ilmu Matematika Bagi Peserta Didik Dalam Kehidupan Sehari-hari. Prosiding Seminar Nasional Daring, 1(1), 1906-1912.

Setyawati, A., & Ratu, N. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa SMP pada Materi Aljabar Ditinjau dari Mathematics Anxiety. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2941-2953. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.957

Setyawati, M., Muthi, A., Enkas, M. D., Afifah, H. R., Luklua, A. I., & Normalasari, R. (2024). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa ditinjau dari Keaktifan Siswa Bertanya. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 16-28. https://doi.org/10.46918/equals.v7i1.2062

Simbolon, F. J., Noer, S.H., & Gunowibowo, P. (2020). Pengaruh Pendekatan Resource Based Learning (RBL) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matemaika, 8(2), 76-88. http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v8i2

Siswanto, E., & Meiliasari. (2024). Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Matematika: Systematic Literature Review. JRPMS: Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 8(1), 45-59.

Sudarmadi, S. I. W. R., Sulangi, V. R., & Runtu, P. V. J. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel di SMP Negeri 2 Langowan. Soscied: Journal Social, Sciennce, and Education, 7(2), 688-695). https://doi.org/10.32531/jsoscied.v7i2.871

Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119–130. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.597

Unaenah, E., Ismawati, A., Fauziah, S. N., Amelia, S. A., Luthfiyah, J., Fatmawati., Nasrullah., & Adji, A. S. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi FPB dan KPK. Edeisi: Jurnal Edukasi dan Sains, 2(1), 140-150.

Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 534–540. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22311

Waskitoningtyas, R. S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kota Balikpapan pada Materi Satuan Waktu Tahun Ajaran 2015/2016. JIPM: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 24-32. https://doi.org/10.25273/jipm.v5i1.852

Downloads

Published

2024-10-31

How to Cite

Landu, N., Usman, P. M., Nihayah, E. F. K., & Puspapratiwi, D. (2024). Deskripsi Kesulitan Belajar Matematika Siswa dalam Merencanakan dan Menerapkan Prinsip Matematika Pada Materi Pecahan . Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(2), 102–114. https://doi.org/10.53090/j.linear.v8i2.775