Korelasi Self-Efficacy dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Di SMP Negeri 8 Toili

https://doi.org/10.53090/jlinear.v8i1.631

Authors

  • I Nyoman Suyantana Pendidikan Matematika, Universitas Tompotika Luwuk
  • Inda Widiarti Hafid Pendidikan Matematika, Universitas Tompotika Luwuk
  • I Komang Artenadi SD Negeri Rusakencana Kec. Toili Kab. Banggai, Sulawesi Tengah, Indonesia

Keywords:

Self-Efficacy, Kedisiplinan Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Korelasi Self-Efficacy dan kedisiplinan belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis di SMP Negeri 8 Toili. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 66 orang. Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah angket kepercayaan diri, angket disiplin belajar, dan tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan positif self-efficacy dengan kemampuan pemecahan masalah matematis, terdapat hubungan positif kedisiplinan belajar dengan kemampuan pemecahan masalah matematis dan terdapat hubungan positif self-efficacy dan kedisiplinan belajar secara bersama-sama terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik di SMP Negeri 8 Toili dengan nilai koefesien korelasi X1 terhadap Y (ry1) sebesar 0,306, korelasi X2 terhadap Y (ry2) sebesar 0,316 dan korelasi X1 dan X2 terhadap Y (Ry12) sebesar 0,401.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Suyantana, I. N., Hafid, I. W., & Artenadi, I. K. (2024). Korelasi Self-Efficacy dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Di SMP Negeri 8 Toili. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1), 33–46. https://doi.org/10.53090/jlinear.v8i1.631

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.