Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis Matematika Siswa Melalui Penerapan Model CORE

https://doi.org/10.53090/jlinear.v7i2.581

Authors

  • I Wayan Sudane Pendidikan Matematika, Universitas Tompotika Luwuk
  • Elok Faik Khotun Nihayah Pendidikan Matematika, Universitas Tompotika Luwuk
  • Hasman Pendidikan Matematika, Universitas Tompotika Luwuk
  • Mawar Fresi Maitano SDN Inpres Boloy, Kecamatan Bulagi, Kabupaten Banggai Kepulauan

Keywords:

Pemahaman Konsep, Berpikir Kritis, Model CORE

Abstract

Kurangnya kemampuan pemahaman konsep dan berpikir kritis matematika disebabkan pengaplikasian konsep belum akurat, kurangnya daya pikir siswa, bahkan dalam proses pembelajaran belum maksimal. Sehingga, tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan berpikir kritis matematika siswa melalui penerapan model Connecting Organizing Reflecting Extending (CORE). Adapun subjek penelitiannya adalah siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Bulagi yang berjumlah 27 orang. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan validitas dan reliabilitas data untuk uji coba instrumen, serta perhitungan persentase setiap siklus dari tes kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis matematika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep  siklus I aktivitas siswa mencapai 64,49% dan pada siklus II mencapai 86,45%. Pada Berpikir Kritis siklus I aktivitas siswa mencapai 59,37% dan pada siklus II 88,01%. Pada hasil observasi guru, siklus I mencapai 72,6% dan pada siklus II 92,26%. Kemampuan pemahaman konsep pada siklus I tes akhir ketuntasan secara klasikal yaitu 68,90% dan pada siklus II yaitu 88,33%. Berpikir kritis pada siklus I tes akhir ketuntasan secara klasikal yaitu 68,47% dan pada siklus II yaitu 87,12%. Kesimpulannya bahwa penerapan model Connecting Organizing Reflecting Extending dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan berpikir kritis matematika siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annisa, N., Hasibuan, P. H., & Siregar, E. F. S. (2020). Singing Indonesia Raya as Shaping of Implamentation of The Reinforcement of Educational Character. Ejoes: Educational Journal of Elementary School, 1(1), 1-3. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/EJoES/index.

Arif, D. S. F., Zaenuri., & Cahyono, A. N. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Model Problem Based Learning (PBL) Berbantu Media Pembelajaran Interaktif dan Google Classroom. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.

Arikunto, S. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Ayudia, G., & Mariani. (2022). Penerapan Model Pembelajaran CORE untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP S Methodist Rantauprapat. Jurnal Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(2), 1-19. https://doi.org/10.61290/gm.v13i2.101.

Beniasih, N. M. A., Suarjana, I. M., & Rati, N. W. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran CORE Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Mimbar PGSD Undiksha, 3(1), 20–27. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5678.

Dewi, P. V. P., Negara, I. G. A. O., & Sujana, I. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajan Core Berbantuan Media Konkret Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 9(2), 80-87.

Fitriani, S., Syarifuddin, H., & Nasution, M. L. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending. JEPM: Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika, 7(2), 19-24. http://dx.doi.org/10.24036/pmat.v7i2.5546.

Luksiana, E., & Purwaningrum, J. P. (2018). Model Pembelajaran CORE untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berbantuan Media Batik. Anargya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2). 98-102. https://doi.org/10.24176/anargya.v1i2.2936.

Nihayah, E. F. K., & Lajiba, S. B. S. (2018). Identifikasi Kesalahan Konseptual Mahasiswa dalam Pembuktian Sifat Kealjabaran Bilangan Real dengan Alternatif Penyelesaian Revolusi Sosiokultural (Studi Kualitatif Eksploratif pada Mahasiswa Semester V FKIP Untika). Jurnal Koulutus: Jurnal Pendidikan Kahuripan, 1(2), 16-35.

Nubhan, A., Sukardi., & Nursaptini. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Connecting, Organizizng, Reflecting, Extending (CORE) Berbantuan Edmodo Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 7(2), 147-156. https://doi.org/10.33394/jtp.v7i2.6022.

Pratiwi, S. I., Lusiana., & Fuadiah, N. F. (2019). Peningkatan Kemampuan Konsep Matematis Siswa SMPN 30 Palembang Melalui Pembelajaran CORE. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 15–28. https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i2.9749.

Prihartini, E., Lestari, P., & Saputi, S. A. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Menggunakan Pendekatan Open Ended. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 58-64. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21427.

Priyambodo, S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dengan Metode Pembelajaran Personalized System Of Instruction. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(1), 10-17.

Ramadhani, R. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA melalui Guided Discovery Learning Berbantuan Autograph. JPPM: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 72-81. http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2032.

Ramadhania, S.S., & Saputro, M. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa pada Materi Pecahan Kelas VII SMP. SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 137-144. https://doi.org/10.26618/sigma.v15i1.11428.

Rani, F. N., Napitupulu, E., & Hasratuddin. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education di SMP Negeri 3 Stabat. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1-7. https://doi.org/10.24114/paradikma.v11i1.22886.

Simbolon, F. J., Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (2020). Pengaruh Pendekatan Resource Based Learning (RBL) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 76-88.

Sudane, I. W., & Buek, D. Y. (2023). Deskripsi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Operasi Hitung Aljabar. Linear: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 40-50. https://doi.org/10.53090/jlinear.v7i1.418.

Trisnowali, A., & Aswina, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Core (Connecting, Organizing, Reflecting And Extending) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X. Didaktika : Jurnal Kependidikan, 13(1), 43-55.

Yuliani, E. N., Zulfah., & Zulhendri. (2018). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kuok Melalui Model Pembelajaran Koopearatif Tipe Group Investigation. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 91-100.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Sudane, I. W., Nihayah, E. F. K., Hasman, & Maitano, M. F. (2023). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis Matematika Siswa Melalui Penerapan Model CORE. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 136–147. https://doi.org/10.53090/jlinear.v7i2.581

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 

You may also start an advanced similarity search for this article.