THE USE OF ERROR ANALYSIS ON GRAMMAR LEARNING: STUDENTS’ IMPROVEMENT IN USING SOME AND ANY

https://doi.org/10.53090/jlinear.v2i2.113

Authors

  • Desriani Nggolaon Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Luwuk

Keywords:

Error Analysis, pembelajaran grammar, “some” dan “any”

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan error analysis dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menggunakan some dan any atau tidak. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Buko. Adapun sampel penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik cluster sampling. Instrument utama yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini adalah tes yang meliputi tes awal dan tes akhir. Berdasarkan hasil analisa data dari tes (tes awal 27.6, dan tes akhir 77.8), peneliti menemukan bahwa nilai t-hitung sebesar 18.208 dari penerapan tingkat signifikan sebesar 0.05 dan tingkat kebebasan 29 (29-1) lebih besar dari nilai t-tabel 1.701. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesa yang dikemukakan dalam penelitian ini dapat diterima. Dengan kata lain, error analysis efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran grammar khususnya dalam menggunakan kata “some” dan “any”.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-03-24

How to Cite

Nggolaon, D. . (2021). THE USE OF ERROR ANALYSIS ON GRAMMAR LEARNING: STUDENTS’ IMPROVEMENT IN USING SOME AND ANY. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.53090/jlinear.v2i2.113

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.