SLANG IN THE EFL CLASSROOM INTERACTION

https://doi.org/10.53090/jlinear.v2i2.112

Authors

  • ST. Marhana Rullu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tompotika Luwuk

Keywords:

Slang, tipe-tipe slang, pengaruh penggunaan slang, alasan penggunaan slang

Abstract

Slang adalah salah satu variasi bahasa. Slang terdiri dari kata, frasa dan kalimat yang berhubungan dengan interaksi non-formal dan digunakan pada situasi yang non-formal. Tujuan dari penelitian ini adalah menemukan tipe-tipe slang yang digunakan oleh dosen dan mahasiswa, faktor-faktor yang menyebabkan penggunaan slang dan alasan mereka. Pada penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mengumpulkan data dari dosen dan mahasiswa pada jurusan pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Muhammadiyah Luwuk. Dalam mengumpulkan data, peneliti mengamati dan merekam semua percakapan dosen dan mahasiswa di dalam kelas dan juga menggunakan wawancara untuk mendapatkan data dari mereka. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dosen dan mahasiswa menggunakan tipe fresh and creative, tipe compounding, tipe imitative, tipe clipping dalam berkomunikasi di dalam kelas. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa status sosial, umur, familiar dan situasi adalah factor yang mempengaruhi penggunaan slang. Sebagai tambahan, partisipan juga mengungkapkan alasan penggunaan slang adalah untuk mengurangi keseriusan dalam berkomunikasi, terlihat berbeda, untuk kesenangan, meniru seseorang dan candaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-03-24

How to Cite

Rullu, S. M. . (2021). SLANG IN THE EFL CLASSROOM INTERACTION . Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.53090/jlinear.v2i2.112

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.