KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BIMBINGAN KONSELING DI SLB NEGERI LUWUK KECAMATAN LUWUK UTARA KABUPATEN BANGGAI
https://doi.org/10.53090/jlinear.v1i1.82
Keywords:
Kompetensi Guru Bimbingan dan Konseling, Anak Berkebutuhan KhususAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Kompetensi Profesional Guru Bk Dalam Membimbing Anak Berkebutuhan Khusus Di SLB Negeri Luwuk Kecamatan Luwuk Utara Kabupaten Banggai dengan teknik pengumpulan data yaitu dengan metode Wawancara, dan dokumentasi di gunakan sebagai data pelengkap. Hasil penelitian menunjukan bahwa Upaya meningkatkan kompetensi guru BK, khususnya di SLB Negeri Luwuk untuk membimbing anak berkebutuhan khusus telah dilaksanakan pula oleh Guru Bimbingan dan Konseling di sekolah tersebut dan dari hasil Observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa Proses pelaksanaan kegiatan Bimbingan Kelompok dalam meningkat kompetensi guru bimbingan konseling berjalan dengan baik dan efektif. Hal ini terwujud karena proses pelaksanaan Bimbingan dan konseling untuk meningkatkan kompetensinya yang dilaksanakan sudah dijalankan dengan memperhatikan indikator kompetensi guru BK dalam memberikan bimbingan khususnya kepada anak berkebuthan khusus, sehingga kegiatan tersbut berhasil dan dapat meningkatkan kompetensi guru BK, khususnya di SLB Negeri Luwuk.. Hal ini dibuktikan dengan semakin meningkatnya kompetensi guru BK tentang arti pentingnya kebutuhan yang harus diberikan kepada anak berkebutuhan khusus, dan telah mampu menginplementasikan dan menerapkan bimbingan yang terbaik kepada anak yang berkebutuhan khusus, khususnya di SLB Negeri Luwuk.