Strategi Peningkatan Mutu Sekolah Melalui Peningkatan Preatasi Belajar Siswa SMP Negeri 01 Kabupaten Tebo Jambi
https://doi.org/10.53090/j.linear.v9i1.765
Keywords:
Mutu Sekolah, Prestasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi peningkatan mutu sekolah melalui upaya peningkatan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 01 Kabupaten Tebo, Jambi. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk menggambarkan secara mendalam strategi peningkatan mutu sekolah melalui peningkatan prestasi belajar siswa. trategi yang diterapkan mencakup tiga aspek utama: peningkatan kualitas pembelajaran, penguatan lingkungan sekolah yang kondusif, dan optimalisasi manajemen sumber daya pendidikan. Peningkatan kualitas pembelajaran dilakukan melalui pelatihan guru, penggunaan metode pengajaran inovatif, dan pemanfaatan teknologi dalam proses belajar mengajar. Lingkungan sekolah yang mendukung diciptakan dengan memperkuat pendidikan karakter, memberikan penghargaan bagi siswa berprestasi, dan meningkatkan keterlibatan orang tua. Di sisi manajemen, pemanfaatan anggaran secara efisien diarahkan pada pembaruan fasilitas pendidikan dan pengembangan perpustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi tersebut berhasil meningkatkan kemampuan literasi siswa, kemapuan siswa dalam menghitung numerasi, partisipasi siswa dalam kegiatan akademik dan non-akademik, serta pencapaian hasil belajar siswa secara signifikan. Kolaborasi antara guru, siswa, dan orang tua menjadi kunci keberhasilan dalam menciptakan sinergi untuk mendukung mutu pendidikan.
Downloads
References
Abi, A. M. (2017). Integrasi Etnomatematika dalam Kurikulum Matematika Sekolah. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 1–6. http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.75
Annur, P. A., Susanti, E., & Gera, I. G. (2023). Urgensi Pendidikan Moral Sekolah Dasar dalam Membentuk Karakter Religius di Era Digital menurut Henry Alexis Rudolf Tilaar. Jurnal Edukasi, 1(3), 271–287.
Astuti, S. (2017). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di SD Laboratorium UKSW. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(1), 49–59. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i1.p49-59
Aula, N. A., Maisaroh, H., & Lathifah, U. (2021). Pengembangan Mutu Sekolah Melalui Pendekatan TQM. Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 37-45. https://doi.org/10.18860/rosikhun.v1i1.13910
Darif, M., Wahyudin, U., & Yuhana, Y. (2023). Strategi Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 11(1), 3–4. https://doi.org/10.31764/geography.v11i1.12485
Gifari, R. G., Badriyah, A. N., Salsabila, A. Z., Jamilah, I. S., Permana, I., Maksipah, L., Fadilah, M. R. R., Maulana, R., Ramdani, S. S. F., & Lestari, T. (2024). Strategi Optimalisasi Literasi dan Minat Baca Anak Melalui Pemanfaatan Perpustakaan di SDN 1 Rajadesa. Al-Khidmah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 90–102. https://doi.org/10.51729/alkhidmah.22788
Hamdi, S., Triatna, C., & Nurdin, N. (2022). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Pedagogik. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(1), 10–17.
Handoko, Y., Wijaya, H. A., & Lestari, A. (2024). Metode Penelitian Kualitatif Panduan Praktis untuk Penelitian Administrasi Pendidikan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Ismail, F. (2018). Implementasi Total Quality Management (TQM) di Lembaga Pendidikan. Jurnal Ilmiah Iqra’, 10(2), 1-16. http://dx.doi.org/10.30984/jii.v10i2.591
Mahendra, Y., Mulyawan, G., & Putri, V. K. (2023). Transformasi Pembelajaran Sosiologi: Peran Keterampilan 4C di Abad 21. P2M STKIP Siliwangi, 10(2), 120–131.
Masfiastutik, S., Roosyanti, A., & Susanti, R. (2024). Penerapan Pendekatan CRT pada Materi Pecahan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD. Journal of Science and Education Research, 3(2), 72–80. https://doi.org/10.62759/jser.v3i2.134
Mcjames, N., Parnell, A., & Shea, A. O. (2024). Little and often: Causal Inference Machine Learning Demonstrates the Benefits of Homework for Improving Achievement in Mathematics and Science. Learning and Instruction, 1-5. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2024.101968
Mulyawan, G., Mahendra, Y., & Kurnaedi, N. (2023). ART Therapy Sebagai Coping Stress pada Siswa Remaja. Ristekdik: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(4), 575–579. http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2023.v8i4.575-579
Mulyawan, G., Basrowi, B., Dayurni, P., Maulia, D. A., & Wasid, A. (2024). Upaya Pencegahan Sexual Harrasment dan Ciber Bullying pada Remaja Tengah. Prosiding Seminar Umum Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 16–22.
Murtado, D., Hita, I. P. A. D., Chusumastuti, D., Nuridah, S., Ma’mun, A. H., & Yahya, M. D. (2023). Optimalisasi Pemanfaatan Media Pembelajaran Online Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas. Journal on Education, 6(1), 35–47.
Nahla, Z., Setiawan, B., & Nabila, A. F. (2024). Dampak Tiktok Terhadap Penurunan Etika Generasi Muda. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 4(2), 136–148. https://doi.org/10.55606/cendikia.v4i2.2877
Ningsih, P. R. (2024). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di SMA Negeri 11 Tangerang. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 07(02), 525–536. https://doi.org/10.30868/im.v7i02.7097
Noprika, M., & Yusro, N. (2020). Strategi Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 224–243. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i2.99
Purnama, H. I. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Literasi Dasar. Yudha English Gallery.
Priyambodo, P. (2023). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pengembangan Profesionalisme Guru. Tirai: Jurnal Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 34–58.
Shobri, M. (2024). Peran Sistem Informasi Manajemen Pendidikan dalam Meningkatkan Transparansi dan Akuntabilitas di Lembaga Pendidikan Islam. AKSI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 78–88.
Siregar, A. R., Pakpahan, A. F. H., Siregar, E. B., Giawa, F., Siregar, J. M., Ramadhani, N., Matondang, N. H., Karo, N. H. B., Hasibuan, R. P., & Simarmata, P. S. B. (2024). Inovasi Strategi Pembelajaran Matematika di Tengah Peluang dan Tantangan Kurikulum Merdeka. ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), 5, 1–12.
Tansala, H., & Suyantana, I. N. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Materi Pola Bilangan. Linear: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 106–114. https://doi.org/10.53090/jlinear.v6i2.384
Wicaksana, Y., Wardono, W., & Ridlo, S. (2017). Analisis Kemampuan Literasi Matematika dan Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa pada Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Schoology. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2), 167–174.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Murni, Wa Ainun, Suandi Silalahi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.