Jiwa Korsa dalam Pembentukan Karakter Peduli Sosial dan Lingkungan di Pesantren Agro Nur El Falah

https://doi.org/10.53090/jlinear.v8i1.622

Authors

  • Santi Rika Umami Magister Pendidikan Islam, Institut Agama Islam Negeri Salatiga

Keywords:

Jiwa Korsa, Karakter Peduli Sosial, Peduli Lingkungan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan konsep jiwa korsa dalam upaya pembentukan karakter peduli sosial dan lingkungan, mendeskripsikan proses implementasi konsep jiwa korsa, dan membuktikan hasil implementasi jiwa korsa dalam pembentukan karakter peduli. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Lokasi penelitian di Pondok Pesantren Agro Nur El-Falah pada santri kelas 3 SMP. Metode pengambilan data dilakukan dengan observasi langsung dan interaksi dengan responden, adapun instrument yang digunakan adalah panduan wawancara, checklist observasi, dan catatan lapangan. Subyek dibatasi pada santri yang telah mengikuti kegiatan selama tiga tahun di Pondok Pesantren. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata santri menyatakan adanya perubahan dalam prilaku mereka dalam peduli sosial. Prilaku mereka mengalami perubahan sebanyak 10% pada semester awal, 23% pada semester kedua, dan naik menjadi 67% pada semester ketiga. Hal tersebut dibuktikan dengan prilaku santri yang dapat berempati terhadap orang sekitar, saling menghormati, gemar membantu, berbagi, dan sadar akan pentingnya peduli satu sama lain. Implementasi jiwa korsa dalam pembentukan peduli lingkungan menunjukan hasil adanya perubahan. Prilaku mereka mengalami perubahan sebanyak 12% pada semester awal, 24% pada semester kedua dan naik menjadi 64% pada semester ketiga. Simpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa hasil implementasi jiwa korsa dalam pembentukan karakter peduli lingkungan dan sosial di pondok pesantren Agro Nur El Falah dapat membuahkan hasil. Hal tersebut dibuktikan bedasarkan waktu melakukan pembiasaan jiwa korsa dalam kegiatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, A. R., Waluyo, H. J., & Wardani, N. E. (2019). The Value of Social Care Character Education Through Merindu Baginda Nabi. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal) : Humanities and Social Sciences, 2(3), 493–501. https://doi.org/10.33258/birci.v2i3.459

Agung, P., & Asmira, Y. D. (2018). Pengembangan Model Pendidikan Karakter Peduli Sosial Melalui Metode Bermain Peran di TK Tunas Mekar Indonesia Bandar Lampung. Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 139–158

Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312

Ananda, R., & Fadhilaturrahmi, F. (2018). Analisis Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Pembelajaran Tematik di SD. Jurnal Basicedu, 2(2), 11–21

Bachtiar, B. M. (2023). Implementasi Karakter Peduli Sosial sebagai Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila dalam Komunitas Motor Vespa (Studi di Komunitas Vespa Antique Club Indonesia Cabang Bandung). Logika: Jurnal Penelitian Universitas Kuningan, 14(1), 30

Djachrab, I. R., & Wiryawan, R. (2021). Meraih Jiwa Korsa Berkarakter Cageur, Bageur, Pinter Melalui Tadarus di Universitas Ma’soem. Jurnal Maps (Manajemen Perbankan Syariah), 5(1), 29–39

Fahham, A. M. (2019). Sanitasi dan Dampaknya Bagi Kesehatan: Studi dari Pesantren. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 10(1), 33–47

Gravante, T., & Poma, A. (2022). How are Emotions About COVID-19 Impacting Society? The Role of the Political Elite and Grassroots Activism. International Journal of Sociology and Social Policy, 42(3/4), 369–383. https://doi.org/10.1108/IJSSP-07-2020-0325

Hafida, N., & Wahid, A. H. (2018). Pembentukan Karakter Peduli dan Berbudaya Lingkungan Bagi Peserta Didik di Madrasah Melalui Program Adiwiyata. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 7(02), 950–971

Hidayati, T. U., Alfiandra, A., & Waluyati, S. A. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Sikap Peduli Sosial Siswa di SMP Negeri 1 Palembang. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 6(1), 17–36. https://doi.org/10.36706/jbti.v6i1.7920

Hermawan, I., Ahmad, N., & Suhartini, A. (2020). Konsep Amanah dalam Perspektif Pendidikan Islam. Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(2), 141-152. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.389

Jamil, K., Nury., & Rumawi, R. (2020). Implikasi Asas Pacta Sunt Servanda Pada Keadaan Memaksa (Force Majeure) dalam Hukum Perjanjian Indonesia. Jurnal Kertha Semaya, 8(7), 1044–1054

Khamalah, N. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah. Jurnal Kependidikan, 5(2), 200–215. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.2109

Larios, L., & Paterson, S. (2021). Fear of the other: Vulnerabilization, Social Empathy, and the COVID-19 Pandemic in Canada. Critical Policy Studies, 15(2), 137–145. https://doi.org/10.1080/19460171.2021.1927777

Ma’arif, M. A. (2017). Hukuman (Punishment) dalam Perspektif Pendidikan di Pesantren. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1). https://doi.org/10.21274/taalum.2017.5.1.1-20

Mahmudah, I. R. (2023). Upaya Pendidikan Karakter Peduli Sosial di Pondok Pesantren Al-Utsmani Kajen Pekalongan. UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan

Muafida, N., Santoso, I., & Darmiah, D. (2017). The Relation of Personal Hygiene with The Incidence of Scabies at Al Falah Male Boarding School Students Sub-district of Liang Anggang in the Year 2016. Journal of Health Science and Prevention, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.29080/jhsp.v1i1.5

Muhamadi, S., & Hasanah, A. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Peduli Sesama Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Relawan. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(1), 95–114. https://doi.org/10.14421/jpai.2019.161-06

Na’imah, I., & Bawani, I. (2021). Penanaman Pendidikan Karakter Demokratis Di Pondok Pesantren. Jurnal Muara Pendidikan, 6(2), 228–236

Noveyani, A. E., Marchianti, A. C. N., & Wulandari, P. (2020). Hygiene and Sanitation Practice: Basis for the Student Health Formation

Prawira, D., Prasetyo, I., & Hartati, C. S. (2019). Etos Kerja dan Jiwa Korsa Prajurit dalam Pelaksanaan Tugas dan Fungsi pada Satuan Pendidikan Kapal Selam TNI AL di Kodiklatal Surabaya. MAP (Jurnal Manajemen Dan Administrasi Publik), 2(01), 14–26

Rahardjo, M. (2017). Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif: Konsep dan Prosedurnya. Disampaikan pada mata kuliah Metode Penelitian, Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Januari 2017

Rusli, M. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60

Setiawatri, N., & Kosasih, A. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Sosial Pada Masyarakat Pluralisme Di Cigugur Kuningan. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(2)

Susilaningtiyas, A. (2016). Implementasi Karakter Peduli dalam Kegiatan Kemahasiswaan di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang. Universitas Negeri Semarang, 1(1), 25

Shinta, M., & Ain, S. Q. (2021). Strategi Sekolah Dalam Membentuk Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4045–4052. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1507

Syafitri, S. M. (2020). Menumbuhkan Empati dan Perilaku Prososial Terhadap Anak Usia Dini dalam Menanggapi Pelajaran Isu Dunia Nyata. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 12(2), 140. https://doi.org/10.26418/jvip.v12i2.34049

Syaroh, L. D. M., & Mizani, Z. M. (2020). Membentuk Karakter Religius dengan Pembiasaan Perilaku Religi di Sekolah: Studi di SMA Negeri 3 Ponorogo. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 3(1), 63–82

Tohet, M., Albustomi, Y., Hosni, H., Roning, M. F., Abdullah, A., Hamimi, R., & Alhakim, M. T. (2021). PKM Pendampingan Peningkatan Peran dan Fungsi Pengurus dalam Meningkatkan Pengamalan Keagamaan Santri Wilayah Zaid bin Tsabit Pondok Pesantren Nurul Jadid. GUYUB: Journal of Community Engagement, 2(3). https://doi.org/10.33650/guyub.v2i3.2718

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Umami, S. R. . (2024). Jiwa Korsa dalam Pembentukan Karakter Peduli Sosial dan Lingkungan di Pesantren Agro Nur El Falah. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1), 1–19. https://doi.org/10.53090/jlinear.v8i1.622