Pengaruh Kepercayaan Diri Siswa Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

https://doi.org/10.53090/jlinear.v7i2.582

Authors

  • I Nyoman Suyantana Pendidikan Matematika, Universitas Tompotika Luwuk
  • Inda Widiarti Hafid Pendidikan Matematika, Universitas Tompotika Luwuk
  • Moh. Fadly A. Dg. Matona Pendidikan Matematika, Universitas Tompotika Luwuk
  • Ni Komang Tri Widariani Pendidikan Matematika, Universitas Tompotika Luwuk

Keywords:

Kepercayaan Diri, Pemecahan Masalah Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan diri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika di SMA Negeri 3 Luwuk. Dalam penelitian ini populasinya adalah SMAN 3 Luwuk di kelas XI IPS sebanyak 69 siswa yaitu kelas XI IPS 1 berjumlah 36 siswa dan kelas XI IPS 2 berjumlah 33 siswa. Jadi total keseluruhan populasinya adalah 69 siswa dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 59 siswa SMA Negeri 3 Luwuk. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Angket dan tes. Analisis yang digunakan adalah korelasi Product Moment. Berdasarkan hasil analasis data peroleh koefisien korelasi (r) = atau 61,00% adalah angka positif. Adapun Nilai KD = 37,20% menunjukan besar pengaruh kepercayaan diri terhadap kemempuan pemecahan masalah matematika di SMA Negeri 3 Luwuk sebesar 37,20 %. Sedangkan nilai thitung = 5,81, dengan derajat kebebasan (db) = 59 – 2 = 57 dan taraf signifikansi  0,05 = 2,00. Sehingga, thitung  lebih dari pada ttabel atau 5,81 > 2,00, maka korelasi yang terjadi adalah berarti atau signifikan. Sehingga, korelasinya adalah adanya pengaruh kepercayaan diri siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika di SMA Negeri 3 Luwuk. Dengan demikian hipotesis diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66–72. https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v1i1.581.

Amaliah, F., & Sutirna. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Luas dan Volume Kubus Balok. Prosiding Sesiomadika: Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang, 1(1a), 194-199. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2389.

Darwin, M., Mamondol, M. R., Sormin, S. A., Nurhayati, Y., Tambunan, H., Sylvia, D., Adnyana, I. M. D. M., Prasetiyo, B., Vianitati, V., & Gebang, A. A. (2021). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Bandung: CV Media Sains Indonesia.

Dewi, P. S. I. Y., Kurniati, N., & Wahidaturrahmi. (2021). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(2), 122–131. https://doi.org/10.29303/griya.v1i2.41.

Lestari K. E,. & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika: Panduan Praktis Menyusun Skripsi, Tesis, dan Laporan Penelitian dengan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi Disertasi dengan Model Pembelajaran dan Kemampuan Matematis. Bandung: Refika Aditama.

Mualifah., Basuki, K. H., & Lestari, I. (2020). Pengaruh Berpikir Kreatif dan Percaya Diri Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM: Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 5(2), 213-222. http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v5i2.5312.

Pratiwi, I. D., & Laksmiwati, H. (2016). Kepercayaan Diri dan Kemandirian Belajar Pada Siswa SMA Negeri œX. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 7(1), 43–49. https://doi.org/10.26740/jptt.v7n1.p43-49.

Roebyanto, G., & Harmini, S. (2020). Pemecahan Masalah Matematika Untuk PGSD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sihombing, M. K. S., & Lintang, S. R. R. (2016). Menggunakan Strategi Pengambilan Sudut Pandang yang Berbeda. Prosiding: Seminar Nasional Reforming Pedagogy, 315-322. Yogyakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata Dharma.

Sudane, I. W., & Saadjad, D. Y. S. (2021). Kontribusi Kemampuan Pemahaman Konsep Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi SPLDV. Linear: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 159–173. https://doi.org/10.53090/jlinear.v5i2.208.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Syam, A., & Amri. (2017). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Kaderisasi IMM terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi Kasus di Program Studi Pendiidkan Bilogi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Parepare). Jurnal Biotek, 5(1), 87-102.

Tanjung, Z., & Amelia, S. (2017). Menumbuhkan Kepercayaan Diri Siswa. JRTI: Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 2(2), 2–6. https://doi.org/10.29210/3003205000.

Yuliana., & Arhasy, E. A. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping melalui Strategi Inkuiri. Prosiding Seminar Nasional & Call of Papers. Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi.

Zulkarnain, I., & Rachman, F. (2016). Pengaruh Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 31-42. http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v4i2.2577.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Suyantana, I. N., Hafid, I. W., Matona, M. F. A. D., & Widariani, N. K. T. . (2023). Pengaruh Kepercayaan Diri Siswa Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 110–118. https://doi.org/10.53090/jlinear.v7i2.582

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.