Efektivitas Kompetensi Pedagogik Guru di SDN Tontowea Kecamatan Petasia Barat Kabupaten Morowali Utara

https://doi.org/10.53090/jlinear.v6i1.301

Authors

  • Nur Hasanah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Tompotika Luwuk Banggai

Keywords:

Kemampuan Pedagogik Guru, Kompetensi Guru

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan kompetensi pedagogik guru (Studi Pada UU No 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen) di SDN Tontowea Kecamatan Petasia Barat Kabupaten Morowali Utara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif naturalistik. Dalam hal ini peneliti menjadi partisipan penuh kemudian melakukan analisis deskriptif. Teknik Pengumpualan Data adalah Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Teknik analisis yaitu pengumpulan data, Reduksi Data, dan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas kompetensi pedagogik guru dalam hal ini dapat dilakukan melalui beberapa cara diantaranya yaitu mengetahui Karakteristik peserta didik di SDN Tontowea yang dapat dilakukan melalui kegiatan tatap muka yang dilakukan pada saat proses pembelajaran di kelas, mengetahui lingkungan sekitar peserta didik dan melakukan pendekatan kepada peserta didik. Selain itu, guru juga dituntut agar dapat menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik, dalam hal ini guru harus melakukan persiapan terlebih dahulu sebelum mengajar. Hal yang paling utama disiapkan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), mengembangkan kurikulum yang berlaku di SDN Tontowea, serta mampu menggunakan metode dan media pembelajaran yang dapat dipahami oleh peserta didik agar proses pembelajaran dapat terarah dan berjalan dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asri, Budiningsih C. (2020). Pembelajaran yang Mendidik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Balqis, Putri. (2014). Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada SMP N 3 Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Vol 2. No 1. Agustus 2014.

Deassy, Andini. 2018. Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Efektivitas Pembelajaran Dengan Variabel Kontrol Latar Belakang Pendidikan Guru di SMK Toknomedika Kabupaten Bogor.

Emzir. 2016. Metodologi Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Pt Raja Grafindo persada.

Halim, Abdul, M. 2019. Analisis Kompetensi Pedagogik Guru di SD Negeri 2 Margomulyo.

Imam, Wahyudi. (2012). Panduan Lengkap Uji Sertifikasi Guru. Jakarta: PT. Prestasi Pustakatya.

Irwantoro, N. & Suryana, Y. (2016). Peran Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar.

Kunandar. (2011). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan (KTSP) dan Sukses Sertifikasi Guru, Jakarta: Rajawali Pers.

Meriyati. 2022 Memahami Karakterr Peserta Didik. Fakta Press Fak. Tarbiyah.

Sadulloh, Uyoh. (2011). Pedagogik Ilmu Mendidik. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: PT Grafindo.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2022-03-31

How to Cite

Hasanah, N. (2022). Efektivitas Kompetensi Pedagogik Guru di SDN Tontowea Kecamatan Petasia Barat Kabupaten Morowali Utara . Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 54–64. https://doi.org/10.53090/jlinear.v6i1.301

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.