PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO SPARKOL VIDEOSCRIBE PADA MATERI LINGKARAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

https://doi.org/10.53090/jlinear.v5i2.207

Authors

  • Yuni Kartika Kountul LKP Widyagama Luwuk
  • Edy Wibowo Pendidikan Matematika, Universitas Tompotika Luwuk Banggai

Keywords:

Sparkol Videoscribe, Pemecahan Masalah

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran viedo berbasis Sparkol Videoscribe dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika di kelas VIIIA SMP Negeri 2 Balantak.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang difokuskan pada pengembangan media pembelajaran matematika. Hasil validasi oleh tim validator yang terdiri dari 3 ahli materi dan 3 ahli media, media pembelajaran video berbasis sparkol videoscribe memperoleh nilai rata-rata 3,77 dengan kriteria “valid” dari penilaian ahli materi dan memperoleh nilai rata-rata 3,97 dengan kriteria “valid” dari penilaian ahli media. Kemudian hasil uji kelayakan produk yang diujikan kepada peserta didik di kelas VIIIA SMP Negeri 2 Balantak yang dikelompokan dalam kelompok kecil yang terdiri dari 5 orang peserta didik diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,6 kriteria “sangat menarik” dan hasil uji coba pada guru diperoleh hasil rata-rata 3,83 dengan kriteria “sangat menarik”.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, R. H. 2018. ‘Implementasi Klasifikasi Media dalam Pembelajaran’. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Available at: http://eprints.umsida.ac.id/3922/1/Revisi_TP_Reny%5B1%5D.pdf.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Chandra, Lucky. 2014. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Fisika Materi Tekanan Mencangkup Ranah Kognitif, Afektif Dan Psikomotor Sesuai Kurikulum 2013 Untuk Siswa SMP/MTs.Skripsi: Universitas Negeri Malang.

Hakim, Arlan. 2018. Pengembangan Modul Trigonometri Terintegrasi Nilai Keislaman Di Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Banggai. Skripsi: Universitas Tompotika Luwuk.

Kurniawan, Dedy. 2018. Kelayakan Media Pembelajaran Komik Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Untuk Siswa Smp Kelas VIII. Vol 6. No 2. Tersedia di: http://www.jurnalmahasiswa.unesa.ac.id.

Diah Ayu Pratiwi. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Sparkol VideoScribe Berbasis Media Sosial Edmodo. Skripsi: Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Wahyu, Rizki. 2017. Pengembangan Desain Didaktis Bahan Ajar Persamaan Garis Lurus. Vol 11. No 1. tersedia di: http://www.jurnal.untirta.ac.id.

Soemarmo, U dan Hendriana, H. 2014. Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Adifama.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Wardhani, Naniek Sulistya. 2012. Pengaruh Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Tematik. Universitas Kristen Satyawacana.

Wibowo, E., & Matona, M. F. D. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WHITEBOARD ANIMATION PADA MATAKULIAH TRIGONOMETRI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS TOMPOTIKA LUWUK. PYTHAGORAS: Journal of the Mathematics Education Study Program, 8(2), 60-71.

Downloads

Published

2021-10-28

How to Cite

Kountul, Y. K. ., & Wibowo, E. . (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO SPARKOL VIDEOSCRIBE PADA MATERI LINGKARAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 142–158. https://doi.org/10.53090/jlinear.v5i2.207

Similar Articles

<< < 1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.