PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBASIS OPEN ENDED PROBLEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF
https://doi.org/10.53090/jlinear.v5i2.197
Keywords:
TPS, Open Ended, Berpikir KreatifAbstract
Pentingnya siswa memiliki kemampuan berpikir kreatif dalam menyelesaikan soal-soal matematika yang beragam. Namun, kebanyakan siswa belum memiliki kemampuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbasis Open-Ended-Problem pada materi persegi dan persegipanjang di Kelas VII SMP Negeri 1 Walea Besar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan indicator: 1) berpikir lancar (Fluency), 2) berpikir luwes (Flexibility), 3) berpikir asli (Originality), dan 4) berpikir menguraikan (Elaboration). Peningkatan ini dapat dilihat dari nilai rata-rata tes matematika berdasarkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada siklus I mencapai 80.6 dan pada siklus II meningkat menjadi 88.0. Dengan demikian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbasis Open-Ended-Problem pada materi persegi dan persegipanjang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kretaif siswa.
Downloads
References
Andiyana, M. A. (2019) ‘Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang’, JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), pp. 239–248. Available at: https://journal.ikipsiliwangi.ac.id.
Arikuto, S. (2012) Penelitian Tindakan Kelas. Sebelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Darwanto (2019) ‘Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis (Pengertian dan Indikatornya)’, Eksponen, 9(20–26). Available at: https://media.neliti.com/media/publications/338969-kemampuan-berpikir-kreatif-matematis-pen-7c99dfe1.pdf.
Istianah, L; Noer, S. H; Coesamin, M. (2014) ‘Pembelajaran TPS Berbasis Open-Ended Problem Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis’, Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 2(5). Available at: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/5671.
Kuncorowati, R. H. (2014) ‘Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan Pendekatan Open Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa (Penelitian Dilakukan di Kelas VII C SMP N 1 Kebakkramat Tahun Pelajaran 2013/2014)’. Digital Library UPT Perpustakaan Universitas Sebelas Maret. Available at: https://digilib.uns.ac.id/dokumen/abstrak/44241/Penerapan-model-pembelajaran-thinkpairshare-tps-dengan-pendekatan-open-ended-untuk-meningkatkan-kemampuan-berpikir-kreatif-matematika-siswa-Penelitian-Dilakukan-di-Kelas-VII-C-SMP-N-1-Kebakkramat-Tahun-Pelajaran-20132014.
Magfirah, I., Kaharuddin, A. and Wangse, F. (2019) ‘Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dengan Pendekatan Open Ended Dalam Pembelajaran Matematika Materi Segi Empat Siswa Kelas VIII Smpn 14 Buru’, Jurnal Pendidikan Dan Pengembangan Profesi, 9(1), pp. 686–694. Available at: http://jurnaljp3.stkippgrilumajang.ac.id/assets/upload/paper/FULL_TEXT_11.pdf.
Miliyawati (2012) Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Mutiah, E. (2018) ‘Efektivitas Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan Pendekatan Open Ended untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognitif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika di Kelas V SDN Dadaprejo 02 Kota Batu’, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
NIHAYAH, E. F. K. (2020). Peran Efikasi Diri Tinggi Dalam Membentuk Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Mahasiswa Pada Perkuliahan Program Linear. JURNAL PENDIDIKAN GLASSER, 4(2), 127-142.
Saefudin, A. A. (2012) ‘Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI)’, Al-Bidayah, 4(1), pp. 37–48. Available at: https://jurnal.albidayah.id/index.php/home/article/view/10.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 I Nyoman Suyantana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.