HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

https://doi.org/10.53090/jlinear.v3i2.143

Authors

  • Lakilo Laruli Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Tompotika Luwuk Banggai

Keywords:

Berpikir Kreatif, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Hasil penelitian menunjukan bahwa Nilai koefisien korelasi (r)  =  atau 65,40% adalah angka positif. Hal ini menunjukkan hubungan antara kemampuan berpikir kreatif dengan hasil belajar matematika Di SMP Negeri 2 Luwuk adalah positif dan berada pada interprestasi antara 0,60 - 0,799 yang dimaknai dengan tingkat hubungan kuat. Adapun Nilai KD = 42,76% menunjukan besar hubungan antara kemampuan berpikir kreatif terhadap  Hasil Belajar matematika di SMP Negeri 2 Luwuk, sebesar 42,76%. Sedangkan nilai thitung = 4,812, Dengan derajat  kebebasan (db) = 60 – 2 = 58 dan taraf signifikansi  0,05 = 2,00 sehingga, thitung  lebih dari pada  ttabel atau  4,812 > 2,00 maka korelasi yang terjadi adalah berarti atau signifikan sehingga korelasinya adalah adanya hubungan kemampuan berpikir kreatif derngan  Hasil Belajar matematika di SMP Negeri 2 Luwuk. Dengan demikian hipotesis diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djamarah Syaiful Bahri. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Laruli, L. 2017. Pengaruh Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Kintom Kabupaten Banggai. Linear Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 1, No. 1 Maret 2017. FKIP Untika Luwuk. Hal. 21-26.

Maxwell, J. C. 2004. Mengembangkan Kepemimpinan di Dalam Diri Anda. Ahli bahasa Oleh Anton Adiwiyoto Jakarta: Bina Rupa Aksara.

Rahmat Jalalludin. 2005. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik siswa SMA Jurusan IPA Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan Induktif-Deduktif. Makalah prosiding Seminar Nasional Matematika. Bandung,20 Agustus 2005.Jurusan PMIPA UPI.

Sudjana Nana. 2008. Penilaian Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kuatitatif. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2019-10-31

How to Cite

Laruli, L. (2019). HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 58–62. https://doi.org/10.53090/jlinear.v3i2.143

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.