HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA
https://doi.org/10.53090/jlinear.v3i2.143
Keywords:
Berpikir Kreatif, Hasil Belajar MatematikaAbstract
Hasil penelitian menunjukan bahwa Nilai koefisien korelasi (r) = atau 65,40% adalah angka positif. Hal ini menunjukkan hubungan antara kemampuan berpikir kreatif dengan hasil belajar matematika Di SMP Negeri 2 Luwuk adalah positif dan berada pada interprestasi antara 0,60 - 0,799 yang dimaknai dengan tingkat hubungan kuat. Adapun Nilai KD = 42,76% menunjukan besar hubungan antara kemampuan berpikir kreatif terhadap Hasil Belajar matematika di SMP Negeri 2 Luwuk, sebesar 42,76%. Sedangkan nilai thitung = 4,812, Dengan derajat kebebasan (db) = 60 – 2 = 58 dan taraf signifikansi 0,05 = 2,00 sehingga, thitung lebih dari pada ttabel atau 4,812 > 2,00 maka korelasi yang terjadi adalah berarti atau signifikan sehingga korelasinya adalah adanya hubungan kemampuan berpikir kreatif derngan Hasil Belajar matematika di SMP Negeri 2 Luwuk. Dengan demikian hipotesis diterima.
Downloads
References
Djamarah Syaiful Bahri. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Laruli, L. 2017. Pengaruh Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Kintom Kabupaten Banggai. Linear Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 1, No. 1 Maret 2017. FKIP Untika Luwuk. Hal. 21-26.
Maxwell, J. C. 2004. Mengembangkan Kepemimpinan di Dalam Diri Anda. Ahli bahasa Oleh Anton Adiwiyoto Jakarta: Bina Rupa Aksara.
Rahmat Jalalludin. 2005. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik siswa SMA Jurusan IPA Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan Induktif-Deduktif. Makalah prosiding Seminar Nasional Matematika. Bandung,20 Agustus 2005.Jurusan PMIPA UPI.
Sudjana Nana. 2008. Penilaian Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kuatitatif. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Lakilo Laruli
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.