Kesenjangan Sosial Antar Peserta Didik Di SMA Negeri 1 Luwuk
DOI:
https://doi.org/10.53090/sellan.v2i1.810Kata Kunci:
Kesenjangan Sosial, Peserta DidikAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan masalah kesenjangan sosial antar peserta didik dengan latar belakang dan status sosial yang berbeda. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Luwuk Tahun ajaran 2023/2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan Subjek penelitian terdiri dari 6 orang informan, yaitu 3 tenaga pendidik dan 3 orang peserta didik. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Tehnik pengumpulan data terdiri dari 3 tahap, yaitu tahap observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pengumpulan data, Reduksi data, Penyajian data, dan Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Permasalahan kesenjangan sosial antar peserta didik dipengaruhi oleh faktor-faktor dari berbagai latar belakang sosial peserta didik, adapun upaya mengatasi kesenjangan sosial tersebut dapat dilakukan dengan program pembelajaran akademik maupun non-akademik di sekolah oleh para tenaga pendidik.
Katakunci: Kesenjangan Sosial, Peserta Didik
Unduhan
Referensi
Amanullah, W. A., & Wantini, W. (2024). Analisis Kesenjangan Sosial di Sekolah: Perspektif Sosiologi Pendidikan Islam (Studi Kasus di SDN Bhayangkara Yogyakarta). Jurnal Dirosah Islamiyah, 6(1), 43-55.
Anastasya, W. D., Say, W., & Wahyuni, D. S. (2024). Kesenjangan Prestasi di Sekolah: Faktor-Faktor Stratifikasi Yang Berperan. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial (Jupendis), 2(1), 171-181.
Aisyah, N.N. (2023). Analisis Penyebab Serta Dampak Kesenjangan Sosial-Ekonomi Pasca Pandemi Beserta Solusi Untuk Mengatasinya. Proceedings Series of Educational Studies, 231-234.
Hujaimah, S., Fadhilah, A. A., Sasmita, R. F. P., Salsabila, A. N., Mariani, M., Nugraha, D. M., & Santoso, G. (2023). Faktor, Penyebab, dan Solusi Kesenjangan Sosial Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(6), 142-148.
Hasibullah, W. M. (2020). Proses Gegar Budaya dalam Komunikasi Antar budaya pada Pengungsi Laki-Laki Afghanistan di Kota Medan (Doctoraldissertation, Universitas Sumatera Utara)
Islahiha, N. A., Frita, N., & Maulana, R. (2019). Penerapan Sistem Perekonomian Syariah Dalam Mengatasi Kesenjangan Sosial Ekonomi Di Indonesia. PKM-P, 3(2).
Khoironi, M. F., & Sudrajat, A. (2023). Budaya Stratifikasi Sosial terhadap Kesenjangan Ekonomi Keluarga dan Kualitas Pendidikan pada
Leuwol, N. V., Pheter, C. J., Mangori, N., & Lukman, E. P. (2023). Etika Pergaulan Muda Mudi Masa Kini (Suatu Tinjauan Studi Etika di Universitas Victory Sorong). Jurnal Ilmu Sosial, Humaniora dan Seni, 1(4), 701-706
Nur, M., Yasriuddin, Y., & Azijah, N. (2022). Identifikasi Perilaku Bullying Di Sekolah (Sebuah Upaya Preventif). Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 685-691.
Rizky, M., Alfatonah, I. N. A., & Pratama, M. A. P. (2024). Analisis Kesenjangan Sosial Di Sd N 06 Kayu Agung. Jurnal Ilmiah Research Student, 1(5), 89-93.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta.
Trisnawati, W., Oktavia, D., & Putra, I. M. (2020). Sosialisasi Peranan Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak Di Desa Tirta Kencana. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 1, 28-34..
Wafroturrohmah, W., & Sulistiyawati, E. (2019). Manfaat kegiatan ekstra kurikuler dalam pengembangan kompetensi sosial siswa SMA. Manajemen Pendidikan, 13(2), 147-155.
Unduhan
Diterbitkan
Versi
- 2025-02-02 (2)
- 2025-01-19 (1)
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Kasmayani, Chandra M Lisabe, Sagita Ledo
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.