Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Kepuasan Siswa dalam Memanfaatkan Layanan Bimbingan Konseling di SMK Paisubatu

Penulis

  • wiesmayani salma BK FKIP Universitas Tompotika Luwuk

DOI:

https://doi.org/10.53090/sellan.v1i2.707

Kata Kunci:

layanan informasi, kepuasan siswa

Abstrak

Tujuan Penelitian untuk mengetahui kepuasan siswa dalam memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 15 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan mencakup uij prasyarat analisis dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan informasi memiliki hubungan positif yang kuat dan signifikan dengan kepuasan siswa dalam memanfaatkan layanan bimbingan konseling di SMK Paisubatu, hal ini dibuktikan dengan hasil uji linearitas dimana nilai yang diperoleh sebesar 0,735 dimana nilai ini lebih besar dari 0,05. Hal ini juga ditunjukkan juga dengan hasil analisis regresi linier sederhana dimana persamaan yang diperoleh yakni Y = 23,334 +  0,418 X dimana koefisien X sebesar 0,418 dan bernilai positif. Nilai positif ini menunjukkan hubungan searah yang berarti jika variabel layanan informasi naik satu satuan maka akan menyebabkan kenaikan pada variabel kepuasan siswa sebesar 0,418

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2019. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Azzet, Ahmad Muhaimin. 2019. Bimbingan Konseling di Sekolah. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Basrowi dan Kasinu, Akhmad. 2021. Metodologi Penelitian Sosial. Kediri : Jenggala Pustaka.

Gunawan, Yusuf. 2010. Pengantar Bimbingan dan Konseling. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Hadi, S. 2018. Aplikasi Statistika dan Metode Penelitian Untuk Administrasi dan Manajemen. Bandung : Dewa Ruchi.

Hallen, A. 2021. Bimbingan dan Konseling. Jakarta : Ciputat Press.

Hikmawati, Fenti. 2020. Bimbingan Konseling. Jakarta : PT. Raja Grafindo.

Kasiram. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif – Kualitatif. Malang : UIN – Miliki Press.

Lumpiyoadi, R dan Hamdani, A. 2019. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat.

Prayitno. 2021. Seri Bimbingan dan Konseling Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta : Ghalia Indonesia.

Prayitno dan Amti, E. 2019. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta : Pusat Perbukuan Depdiknas dan Rineka Cipta.

Sopiatin. 2019. Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Bogor : Ghalia Indonesia.

Sudarmanto, Gunawan. 2015. Analisis Regresi Linier Ganda dengan SPSS. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Sugiyono. 2021. Statistik Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Sukardi, Dewa Ketut. 2010. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta : Rineka Cipta.

Tjiptono, Fandy. 2014. Manajemen Jasa. Yogyakarta : Andi.

Tohirin. 2019. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrash (Berbasis Integrasi). Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Wahid, Sulaiman. 2019. Analisis-Analisis Regresi Menggunakan SPSS. Yogyakarta : Andi.

Winkel dan Hastuti, Sri. 2019. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta : Media Abadi

Diterbitkan

2024-07-31

Cara Mengutip

salma, wiesmayani. (2024). Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Kepuasan Siswa dalam Memanfaatkan Layanan Bimbingan Konseling di SMK Paisubatu. SELLAN : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 45–51. https://doi.org/10.53090/sellan.v1i2.707

Terbitan

Bagian

Articles