Analisis Survei Pemanfaatan Waktu Jam Kosong pada Siswa Kelas X di SMKN 7 Kota Serang

https://doi.org/10.53090/jlinear.v7i1.400

Authors

  • Huswatun Hasanah Manajemen Informatika, Universitas Banten Jaya
  • Ahmad Fadlan Munandar Manajemen Informatika, Universitas Banten Jaya

Keywords:

Pemanfaatan Waktu, Jam Kosong, SMK

Abstract

Pendidikan adalah sarana untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan sekolah merupakan salah satu lembaga formal yang bertujuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Namun, banyak permasalahan dalam penyelenggaraan pendidikan yang menghambat tercapainya tujuan tersebut. Salah satu evaluasi yang dapat dilakukan pada pembelajaran di sekolah adalah mengenai jam kosong tanpa pengajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas siswa di kelas X pada SMKN 7 Kota Serang saat terjadi jam kosong tanpa pengajaran sebagai salah satu upaya perbaikan dan evaluasi pembelajaran di sekolah tersebut. Metode penelitian menggunakan metode survei dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner menggunakan skala likert dan wawancara. Sampel yang diambil berjumlah 25 orang siswa di kelas X. Teknik pengolahan data kuesioner menggunakan rumus presentase, sedangkan data wawancara menggunakan narasi deskriptif. Hasil penelitiannya adalah sebagian besar siswa melakukan akitivitas tidur pada saat terjadi jam kosong, sebesar 42% dan hanya sedikit yang melakukan aktivitas bermanfaat seperti belajar, yaitu 14%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achru P. A. A. (2019). Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 205. https://doi.org/10.24252/idaarah.v3i2.10012.

Arini, L. D. D. (2015). Kajian Terhadap Kualitas Pembelajaran Anatomi Fisiologi Yang Diterapkan Pada Mahasiswa D3 Apikes Citra Medika Surakartadalam Sistem Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Ilmiah Rekam Medis Dan Informatika Kesehatan, 5(2), 74–84.

Azizah. (2013). Kebahagiaan dan Permasalahan di Usia Remaja Tantangan perubahan yang dibawa oleh era globalisasi. Konseling Religi Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(2), 295–316.

Dewi, L., Tripalupi, L. E., & Artana, M. (2013). Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas X SMA Lab Singaraja. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 3(1), 1–10.

Handriyana, M. (2021). Upaya Penerapan Manajemen RE Untuk Mengurangi Jam Kosong Keterlambatan Guru Hadir di Sekolah dan Keterlambatan Guru Masuk Kels di SMK Negeri 1 Meureubo Tahun Ajaran 2020/2021. Ragam: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(1), 46–49.

Hasana, D. W. (2017). Pemanfaatan waktu belajar siswa diluar jam belajar sekolah pada siswa SMA Negeri 1 Bangkinang. Jom Fisip, 4(2), 1–12.

Kurniawan, A. R., Chan, F., Sargandi, M., Yolanda, S., Karomah, R., Setianingtyas, W., & Irani, S. (2019). Kebijakan Sekolah Dalam Penggunaan Gadget Di Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Pendidikan, 2(1), 72–81. https://doi.org/10.52060/pgsd.v2i1.195.

Nadeak, F. J., & Sari, D. M. (2022). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat JURNAL DAMARWULAN Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 45–49.

Ponidjan, T. S., Rondonuwu, E., Ransun, D., Warouw, H. J., & Raule, J. H. (2022). Kualitas Tidur sebagai Faktor yang Berimplikasi pada Konsentrasi dan Motivasi Belajar Anak Remaja. E-Prosiding Semnas Polkesdo, 1(2), 49–58.

Resdati., & Rizka, H. (2021). Kenakalan Remaja Sebagai Salah Satu Bentuk Patologi Sosial (Penyakit Masyarakat). Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(3), 343–354. https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalaindonesia.v1i3.614.

Saude, S., Afdal, A., Cikka, H., Kahar, M. I., & Idris, I. (2022). Transformasi Peningkatan Disiplin Pendidik dalam Proses Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0 Pasca Endemi Covid 19. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 5156–5165. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1174.

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D) (Duabelas). Bandung: Alfabeta.

Sulastri, A. (2016). Pengaruh Aktifitas Siswa dalam Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Kota Probolinggo. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI), 10(2), 168–183. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI.

Sumara, D. S., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). Kenakalan Remaja Dan Penanganannya. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 346–353. https://doi.org/10.24198/jppm.v4i2.14393.

Supiningsih, S. (2020). Upaya Meningkatkan Disiplin Guru Dalam Kehadiran Mengajar di Kelas Melalui Penerapan Buku Pratinjau di SMKN 2 Gedangsari Kabupaten Gunungkidul. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 4(1), 436–444. https://doi.org/10.30738/wa.v4i1.7452.

Supriadi. (2014). Pengaruh Jam Pelajaran Kosong Terhadap Kenakalan Peserta Didik Di Sman 1 Rejotangan Tahun 2013. Journal of Biology Education, April, 84–98.

Suyantana, I. N. (2022). Analisis Hasil Belajar Siswa Ditinjau dari Minat Belajar pada Materi Himpunan. Linear: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 15–34. https://doi.org/10.53090/jlinear.v6i1.288.

Stiawati, T. (2021). Penyuluhan Pemberdayaan Keluarga Dalam Penanganan Kenakalan Remaja Di Kelurahan Bulakan Kecamatan Cibeber Kota Cilegon ( Extension Family Empowerment in Handling Juvenile Delinquency in Bulakan Village, Cibeber Subdistrict Cilegon City ). Komunitas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 108–120.

Taisir, M., Padli, E., & Bagus Setiawan, A. (2021). Problematika Kenakalan Remaja. 15(2), 223–247.

Downloads

Published

2023-03-31

How to Cite

Hasanah, H., & Munandar, A. F. (2023). Analisis Survei Pemanfaatan Waktu Jam Kosong pada Siswa Kelas X di SMKN 7 Kota Serang. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 8–14. https://doi.org/10.53090/jlinear.v7i1.400