Analisis Hasil Belajar Siswa Ditinjau dari Minat Belajar pada Materi Himpunan

https://doi.org/10.53090/jlinear.v6i1.288

Authors

  • I Nyoman Suyantana Pendidikan Matematika, Universitas Tompotika Luwuk Banggai

Keywords:

Hasil Belajar, Minat Belajar, Himpunan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis bagaimana hasil belajar siswa ditinjau dari minat belajar pada materi himpunan di kelas VII SMP Negeri 8 Toili. Jenis penelitian ini adalah deskriptif eksploratif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 6 orang siswa. Indikator hasil belajar siswa dalam penelitian ini adalah ranah kognitif, meliputi pengetahuan, pemahaman dan penerapan. Sedangkan indikator minat belajar yaitu: 1) perasaan senang atau menyukai, 2) ketertarikan akan sesuatu, dan 3) perhatian dan fokus. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa subjek ST1 dengan minat belajar tinggi memperoleh hasil belajar 75. Subjek SS1 dan SS2 dengan minat belajar sedang memperoleh hasil belajar 60 dan 22. Subjek SR1, SR2, dan SR3 dengan minat belajar rendah mendapatkan nilai 15, 8, dan 90. Dengan hasil tersebut, dapat dikatakan bahwa tidak semua siswa yang memiliki minat belajar tinggi akan mendapatkan hasil belajar tinggi pula. Begitupun sebaliknya, tidak semua siswa dengan minat belajar rendah mendapatkan hasil belajar yang rendah pula. Hal tersebut dikarenakan masih terdapat faktor-faktor lain yang menjadi penentu hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basuki, K. H. (2015). Pengaruh Kecerdasan Spiritual dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif, 5(2), 120–133. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v5i2.332

Friantini, R. N., & Winata, R. (2019). Analisis Minat Belajar Pada Pembelajaran Matematika. JPMI: Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(1), 6–11. https://doi.org/10.26737/jpmi.v4i1.870

Helma, & Edizon. (2017). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Matematika Siswa untuk Penerapan Bahan Ajar Kontekstual Mengintegrasikan Pengetahuan Terkait dan Realistik. JEP, 1(1), 86–92.

Moleong, L. J. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pranajaya, D., Nurhayati, & Prihatingtyas, N. C. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Pada Materi Himpunan Kelas VII SMP Negeri 8 Singkawang. JERR: Journal of Educational Review and Research, 3(2), 86–98. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v3i2.2147

Prastika, Y. D. (2020). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Yadika Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 1(2), 17–22. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i2.519

Prayuga, Y., & Abadi, A. P. (2019). Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (pp. 1052–1058). Karawang: Universitas Singaperbangsa Karawang. Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2451/1958

Rohmah, S., Hartatik, S., Akhwani, & Sunanto. (2021). Analisis Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Basicedu, 5(4), 2472–2481. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1200

Sholehah, S. H., Handayani, D. E., & Prasetyo, A. S. (2018). Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri Karangkoto 04 Semarang. Jurnal Mimbar Ilmu, 23(3). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/download/16494/9908

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Widyastuti, E., & Widodo, S. A. (2017). Hubungan Antara Minat Belajar Matematika, Keaktifan Siswa, dan Fasilitas Belajar Di Sekolah dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Se-Kecamatan Umbulharjo. In Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia “Etnomatematika: Perspektif Matematika dari Budaya Indonesia” (pp. 873–881). Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Retrieved from https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/article/view/2431

Downloads

Published

2022-03-31

How to Cite

Suyantana, I. N. (2022). Analisis Hasil Belajar Siswa Ditinjau dari Minat Belajar pada Materi Himpunan. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 15–34. https://doi.org/10.53090/jlinear.v6i1.288

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.