IMPLEMENTASI PENGGUNAAN DAFTAR CEK MASALAH OLEH GURU BIMBINGAN DAN KONSELING

https://doi.org/10.53090/jlinear.v4i1.152

Authors

  • Arifah Abd. Latif Dunggio Bimbingan dan Konseling Universitas Tompotika Luwuk Banggai

Keywords:

Daftar Cek Masalah

Abstract

Hambatan atau rintangan akan senantiasa muncul setiap waktu baik itu kesulitan mengajar guru, kesulitan belajar peserta didik dan sebagainya. Sehingga dengan beberapa hambatan tersebut diharapkan guru dan peserta didik yang bersangkutan akan lebih dinamis dan inovatif. Upaya memberi bantuan kepada peserta didik yang dilakukan oleh Guru Bimbingan dan Konseling dilakukan dengan berbagai macam cara, antara lain dengan memberikan layanan Daftar Cek Masalah. Permasalahan yang dibahas dalam Penelitian ini adalah Bagaimana Implementasi Pengungkapan Masalah oleh Guru Bimbingan dan Konseling Melalui Penggunaan Daftar Cek Masalah pada Peserta Didik di SMP Negeri 2 Luwuk Kecamatan Luwuk Kabupaten Banggai. Berdasarkan analisis data yang telah di kemukakan, maka penelitian ini dapat di simpulkan bahwa kegiatan Penyebaran Daftar cek Masalah di SMP Negeri 2 Luwuk dilaksanakan secara terprogram dan terencana dengan baik. Karena kegiatan ini tercantum dalam Program Layanan Bimbingan Konseling. Implementasi Kegiatan Penyebaran Daftar Cek Masalah berjalan dengan baik, karena seluruh proses berjalan sesuai dengan tahapan dan prosedur yang ditetapakan, mulai dari penyusunan instrumen sampai pengolahan dan analisis data.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abror Rachman. (1993). Psikologi Pendidikan. Yoyakarta: PT Tiara Wacana Yogya.

Fodhoil Muhammad. Koordinator Bimbingan Konseling, Wawancara Pribadi, Gresik, 17 Mei 2008.

Gunawan Yusuf. (1992). Pengantar Bimbingan dan Konseling, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hamalik Oemar, (2002) Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Jakarta: Bumi Aksara.

Hartono dan Boy Soedarmadji, (2006) Psikologi Konseling, Surabaya: University Press UNIPA.

Ketut Sukardi Dewa, (2002).Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan Konseling Disekolah (Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ketut Sukardi Dewa, (1995)Proses Bimbingan dan Penyuluhan Di Sekolah Jakarta: PT. Rineka Cipta,.

Koestoer Partosusilo, (1985) Bimbingan dan Penyuluhan Disekolah-sekolah, Jakarta: Erlangga.

Mardalis, (2006) Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal, Jakarta: Bumi Aksara.

Moloeng Lexy, (2007) Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Rosda Karya.

Mujiono dan Dimyati, (1999) Belajar dan Pembelajaran ,Jakarta: Rineka Cipta.

Nawawi Hadari. (1983). Administrasi dan Organisasi Bimbingan dan Penyuluhan (Jakarta: Ghalia Indonesia.

Rojer Pakpahan, Studi Pelaksanaan Ujian Akhir Nasional SMU atau MA dan SMK di Banten, tahun pelajaran 2001/2003. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan No.041 tahun ke- 92.

Slameto, (1995) Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi, (Jakarta: PT Rineka Cipta.

Suharsimi Arikonto, (2007) Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta: PTRineka Cipta.

Suharsimi Arikonto, (1997) Prosedur Penelitian, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Suharsimi Arikonto, (1998) Prosedur Penelitian, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Walgito Bimo, (1995) Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah, (Yogyakarta: Andi Offet.

Walgito Bimo, (2005) Bimbingan Konseling (Studi & Karier), Yogyakarta: ANDI.

Zakiah Darajat dkk, (1992) Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2020-03-27

How to Cite

Dunggio, A. A. L. (2020). IMPLEMENTASI PENGGUNAAN DAFTAR CEK MASALAH OLEH GURU BIMBINGAN DAN KONSELING. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 13–24. https://doi.org/10.53090/jlinear.v4i1.152