Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

https://doi.org/10.53090/j.linear.v9i2.1061

Authors

  • Agustina Babe Universitas Tadulako, Indonesia
  • Mustamin Idris Universitas Tadulako, Indonesia

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Komunikasi Matematis

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis penting dimiliki siswa karena membantu mereka memahami dan menyelesaikan masalah matematika. Tanpa kemampuan ini, siswa akan mengalami kesulitan dalam memecahkan persoalan secara efektif. Hasil dari wawancara dan observasi yang dilakukan, ditemukan bahwa siswa kelas X E8 SMA Negeri 1 Palu memiliki kemampuan komunikasi matematis yang rendah. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam komunikasi matematis dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) pada materi peluang kejadian. Studi ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan selama tiga siklus. Kegiatan penelitian dilakukan pada 14 April 2025 sampai 14 Mei 2025 di SMA Negeri 1 Palu. Seluruh siswa kelas X menjadi populasi penelitian, sedangkan kelas X E8 dipilih sebagai sampel melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar observasi dan tes kemampuan komunikasi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran telah berkembang. Kemampuan komunikasi matematis siswa meningkat dari ujian awal hingga ujian akhir siklus III. Persentase ketuntasan siswa meningkat pada tes awal 27,8% menjadi 41,7% pada siklus I, 61,1% pada siklus II, dan 77,8% pada siklus III. Studi ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis masalah dapat membantu siswa kelas X E8 di SMA Negeri 1 Palu meningkatkan kemampuan komunikasi matematika mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abarang, N., & Delviany. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan, 1(2), 1–10.

Abidin, M. Z., Solihatin, E., Syarif Sumantri, M., & Adiansha, A. A. (2018). Effect of Problem-Based Learning (PBL) and Learning Learning to Learning Result (Experimental Study on Grade V Students at SD Negeri Mekarsari). American Journal of Educational Research, 6(7), 1046–1050. https://doi.org/10.12691/education-6-7-24

Disasmitowati, C. E., & Utami, A. S. (2017). Analysis of students’ mathematical communication skill for algebraic factorization using algebra block. In International Conference on Research in Education, 20(2), 72–84.

Diyastanti, A., Utami, R. E., Rasiman., & Suprihatin. (2023). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X Ditinjau dari Gaya Belajar. Gammath: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2), 107–119. https://doi.org/10.32528/gammath.v8i2.660

Dwinda, T., Siregar, S., & Saragih, S. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Statistika Peserta Didik Kelas VIII.3 SMP Negeri 42 Pekanbaru. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 464-474. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.2991

Ernawati. (2020). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi dan Self Efficacy Matematis Siswa. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma, 6(2), 62–71.

Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114.

Laruli, L. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Di Kelas VIII A SMP Negeri 1 Luwuk. Linear: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 7-15. https://doi.org/10.53090/jlinear.v3i1.123

Lubis, R. N., Meiliasari, & Rahayu, W. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 7(2), 23–34.

Maudi, N. (2016). Implementasi Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 39-43. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.81

Nilawati., Duskri, M., & Sari, N. T. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Model Brain Based Learning Pada Peserta didik MTs. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 7(1), 85–98.

Rahmaeda, N., & Setyawan, D. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 3 Maros. Equals Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 30–40.

Ratna, E., Soleh, A., Setiawan, W., & Haqi, R. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Aktivitas Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning. PRISMA Universitas Suryakancana, 9(1), 1–9.

Suhirman. (2021). Penelitian Tindakan Kelas (Pendekatan Teoritis & Praktis). Mataram: Sanabil.

Sunaryo, Y., Budi Waluya, S., Rachmani Dewi, N., Wijayanti, K., & Walid. (2024). Literatur Review: Indikator Kemampuan Komunikasi Matematis. Technology, Engineering, Dan Mathematic). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 7, 928–935. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Suryawati., Hasbi, M., Suri, M., & Kurniawati, S. (2023). Factors Affecting the Communication of Mathematical Ability for Junior High School Students. Journal of Education Science (JES), 9(1).

Suyantana, I. N. (2019). Meningkatkan kemampuan komunikasi matematis melalui Metode pembelajaran discovery learning berbantuan Lembar kerja siswa (LKS) pada materi persegi di kelas XI (TKJ) SMK Negeri 2 Luwuk. Linear: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 34-40. https://ojs.untika.ac.id/index.php/linear/article/view/126/96

Shofiyah, N., & Wulandari, F. E. (2018). Model Problem Based Learning (PBL) dalam Melatih Scientific Reasoning Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), 33–38.

Umami, R. (2024). Mengembangkan Kemampuan Komunikasi dan Pemahaman Matematika Siswa. Edumath, 16(2), 67–76. https://doi.org/10.32682/befqwb95

Wardhana, I. R. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Siswa. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 173–184.

Downloads

Published

2025-10-31

How to Cite

Babe, A., & Idris, M. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(2), 76–88. https://doi.org/10.53090/j.linear.v9i2.1061