PENILAIAN KESESUAIAN LAHAN UNTUK TANAMAN HORTIKULTURA DI DESA POTIL POLOLOBA KABUPATEN BANGGAI LAUT

ASSESSMENT OF LAND SUITABILITY FOR HORTICULTURAL PLANTS IN POTIL POLOLOBA VILLAGE, BANGGAI LAUT REGENCY

https://doi.org/10.52045/jimfp.v2i2.336

Authors

  • Rusandi Liuto Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Tompotika Luwuk Banggai
  • Hidayat A Katili Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian Universitas Tompotika Luwuk
  • Dian Puspapratiwi Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian Universitas Tompotika Luwuk

Keywords:

Kesesuaian Lahan, Hortikultura, Potil Pololoba

Abstract

Pentingya tanaman  hortikultura terhadap masyarakat potil pololoba sehinga perlunya penilaian kesesuaian lahan untuk pengembangannya. Adapun penelitian ini bertujuan untuk menentukan kesesuaian lahan  dan menentukan faktor pembatas serta mengetahui tanaman hortikultura apa yang layak dikembangkan dan dibudidayakan di Desa Potil Pololoba Kabupaten Banggai Laut. Dalam penelitian ini mengunakan metode survey lapangan dengan akar kuadrat Kiddir. Sehinga diperoleh hasil Kesesuaian lahan tanaman hortikultura (Semangka, Mentimun, Cabai, Tomat, Terong dan Bayam Merah) pada titik A dan D tergolong tidak sesuai namun pada titik B dan C dapat dilakukan pengembangan dan pembudidayaan tanaman hortikultura karena tergolong sesuai marginal. Adapun faktor pembatas kelas kesesuaian lahan untuk pengembangan tanaman hortikultura di Desa Potil Pololoba Kabupaten Banggai Laut untuk tanaman Semangka, Mentimun, Cabai, Tomat, Terong dan Bayam Merah yaitu  kapasitas tukar katium, kejenuhan basa, pH, C-Organik, dan kemiringan lereng sehinga perlunya dilakukan upaya perbaikan dengan penambahan bahan organic dan pemberian pupuk yang sesuai serta pembuatan teras bangku atau penanaman sejajar kontur dengan biyaya yang relatif sedang sampai tingi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardianto K. & Al Iksan A. (2017). Pengukuran Dan Pendugaan Erosi Pada Lahan Perkebunan Kelapa Sawit Dengan Kemiringan Berbeda. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Riau 4 (1): 1-15.

Damopolii W. (2014). Penilaian Kesesuaian Lahan Tanaman Asparagus Sayur (Asparagus officinalis L.) Di desa Mooat Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. Skripsi Fakultas Pertanian. Universitas Negeri Gorontalo

Dumipto, P. K. 2019. Evaluasi Kesesuaian Lahan Untuk Tanaman Tebu Pada Lahan Karst Formasi Wonosari (Tmwl) Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang. Thesis, Universitas Brawijaya. Malang.

Mubekti, M. 2012. Evaluasi karakterisasi dan kesesuaian lahan untuk komoditas unggulan perkebunan: studi kasus Kabupaten Kampar. Jurnal Teknologi Lingkungan, 13(1):37-46.

Munawar, A. 2013. Kesuburan Tanah dan Nutrisi Tanaman. IPB Press, Bogor.

Nurdin (2011) Development and Rainfed Paddy Soils Potency Derived From Lacustrine Material in Paguyaman, Gorontalo. Journal of Tropical Soils. 16 (3) ; 267-278

Rosmaiti, I. Saputra dan Yusnawati. 2019. Evaluasi kesesuaian lahan untuk pengembangan tanaman jeruk (Citrus, sp) di Desa Jambo Labu Kecamatan Birem Bayeun Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Ilmiah Pertanian, 16(1) : 64- 73.

Sitepu F.M, Selintung T dan Harianto. 2017. Pengaruh Intensitas Curah Hujan Dan Kemiringan Lereng Terhadap Erosi Yang Berpotensi Longsor. Jurnal JPE, 21(1) : 23 – 27.

Tan, K.H. 2010. Principles of Soil Chemistry. Fourth Edition. Marcel Dekker, Inc., New York, NY, now CRC Press, Boca Raton, FL. 390p

Tentua V.V, Salampessy H, dan Haumahu J.P. 2017. Kesesuaian Lahan Komoditas Hortikultura di Desa Hative Besar Kecamatan Teluk Ambon. Jurnal Budidaya Pertanian, 13(1):9-16.

Virzelina S,.Gindo T,. & Hasriati N. 2017. Kajian Status Unsur Hara Cu Dan Zn Pada Lahan Padi Sawah Irigasi Semi Teknis (Studi Kasus: Di Desa Sri Agung Kecamatan Batang Asam Kabupaten Tanjung Jabung Barat). Jurnal Agroecotenia 2(1): 11-26.

Widyantari DAG, Susila KD dan Tatiek K. 2015 Evaluasi Status Kesuburan Tanah untuk Lahan Pertanian di Kecamatan Denpasar Timur. Jurnal Agroekoteknologi Tropika, 4 (4): 293-303

Wirosoedarmo R, Sutanhaji A.T, KurniatiEdan Wijayanti R. 2011. Evaluasi kesesuaian lahan untuk tanaman jagung menggunakan metode analisis spasial. Agritech: Jurnal Fakultas Teknologi Pertanian UGM, 31(1):101-338.

Downloads

Published

2023-03-12

How to Cite

Liuto, R., Katili, H. A., & Puspapratiwi, D. (2023). PENILAIAN KESESUAIAN LAHAN UNTUK TANAMAN HORTIKULTURA DI DESA POTIL POLOLOBA KABUPATEN BANGGAI LAUT: ASSESSMENT OF LAND SUITABILITY FOR HORTICULTURAL PLANTS IN POTIL POLOLOBA VILLAGE, BANGGAI LAUT REGENCY. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Pertanian , 2(2), 190–194. https://doi.org/10.52045/jimfp.v2i2.336

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.