Efektivitas Bimbingan Kelompok Dalam Penanaman Sikap Spiritual Peserta Didik Kelas Xl SMA Negeri 2 Luwuk

Penulis

  • Anggitiadi
  • Elvina Septiani universitas tompotika luwuk

DOI:

https://doi.org/10.53090/sellan.v2i1.809

Kata Kunci:

Bimbingan Kelompok, ikap Spiritual Peserta Didik, Efektivitas

Abstrak

Penelitian ini mengkaji efektivitas bimbingan kelompok dalam penanaman sikap spiritual peserta didik kelas Xl SMA Negeri 2 Luwuk. menggunakan metode kualitatif deskriptif, penelitian ini pengumpulkan data melalui observasi, wawancara dengan Guru BK dan peserta didik, serta analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok efektif dalam meningkatkan pemahaman dan internalisasi nilai-nilai spiritual, yang mengarah pada perubahan positif dalam sikap dan perilaku  peserta didik, Termasuk peningkatan  partisipasi dalam kegiatan keagamaan dan pemahaman tentang makna dan tujuan hidup. Namun, beberapa peserta didik menunjukkan perubahan yang kurang signifikan dalam sikap dan perilaku spiritual mereka dan  cenderug pasif dalam diskusi kelompok. Penelitian ini merekomendasikan  penggunaan teknik-teknik bimbingan kelompok yang lebih interaktif dan menarik, seperti role playing, pemainan simulasi, dan diskusi kelompok yang terstruktur, serta dukungan yang kuat dari sekolah, lingkungan, keluarga, dan faktor pendukung lainnya untuk meningkatkan efektivitas bimbingan program bimbingan kelompok.

 

Kata kunciBimbingan Kelompok, Sikap Spiritual Peserta Didik, Efektivitas

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aam Imaddudin, 2015 Mengembangkan Kesejahteraan Spiritual Peserta Didik Sebagai Katalis Bangsa Inovatif. Jurnal Pedagogik, 3(1)

Al-Syalhub, F. bin Abd al-Aziz. 2018. Al-Mu’allim al-Awwal: Qudwah likulli mu-allim wa Mu’allim wa mu’allimah, (Diterjemahkan oleh Jamaluddin). Jakarta: Darul Haq

Astuti, R. (2015). Penanaman Sikap Spiritual pada Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Karakter, 20(3), 67-78

Corey, G., Corey, M. S., & Corey, C. (2018). Groups: Process and Practice. Boston: Cengage learning

Damiati, A., et al. (2017). Sikap Sebagai Ekspresi perasaan dan Refleksi kesukaan atau ketidaksukaan. Jurnal Psikologi Emosi, 5(1), 36-48.

Djamarah, S. B. (2014). Pola Asuh Orang Tua dan Komunitas dalam keluarga: Upaya Membangun Citra Membentuk Pribadi Anak. Jakarta: Rineka Cipta.

Ediyono, (2018), Internalisasi Nilai-nilai Spiritual pada diri siswa Journal al-Bahtsu, 3(2),

Gladding, S.T. (2016). Counseling: A comprehensive profession. Pearson Education

Imas Jilhan Syah. (2018). Metode Pembiasaan Sebagai Upaya Dalam Penanaman Kedisiplinan Anak Terhadap Pelaksanaan Ibadah”, Journal of Childhood Education, 2(2), 148-149.

Mulyasa, H. E. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Prayitno. (2017). Layanan Bimbingan Kelompok & Konseling Kelompok Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Rasimin & Hamdi (2018). "Bimbingan dan Konseling di Sekolah". Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Ridho.M.H. (2018).Bimbingan Konseling Spiritual Terhadap Pasien Rehabilitasi Napza. Jurnal Studia Insania 6(1), 36-48.

Satori dan Komariah. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Smith. J (2020). The Role of SpiritualVolues in Education. Journal of Education Psychology, 25(3), 45-58.

Sugiyono, (2018). Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tohirin. (2018). Pengajaran dan nasihat Islam di sekolah dan madrasah (berbasis terpadu). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ulfah Rahmawati (2016) Penanaman Sikap Spiritual Pada Anak Usia Dini Jurnal Pendidikan anak, 1 (1), 102 - 112

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-15 — Diperbaharui pada 2025-01-15

Versi

Cara Mengutip

Anggitiadi, & Septiani, E. (2025). Efektivitas Bimbingan Kelompok Dalam Penanaman Sikap Spiritual Peserta Didik Kelas Xl SMA Negeri 2 Luwuk. SELLAN : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 68–71. https://doi.org/10.53090/sellan.v2i1.809

Terbitan

Bagian

Articles