Efektivitas Bimbingan Kelompok Dalam Penanaman Sikap Spiritual Peserta Didik Kelas Xl SMA Negeri 2 Luwuk
DOI:
https://doi.org/10.53090/sellan.v2i1.809Kata Kunci:
Bimbingan Kelompok, ikap Spiritual Peserta Didik, EfektivitasAbstrak
Penelitian ini mengkaji efektivitas bimbingan kelompok dalam penanaman sikap spiritual peserta didik kelas Xl SMA Negeri 2 Luwuk. menggunakan metode kualitatif deskriptif, penelitian ini pengumpulkan data melalui observasi, wawancara dengan Guru BK dan peserta didik, serta analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok efektif dalam meningkatkan pemahaman dan internalisasi nilai-nilai spiritual, yang mengarah pada perubahan positif dalam sikap dan perilaku peserta didik, Termasuk peningkatan partisipasi dalam kegiatan keagamaan dan pemahaman tentang makna dan tujuan hidup. Namun, beberapa peserta didik menunjukkan perubahan yang kurang signifikan dalam sikap dan perilaku spiritual mereka dan cenderug pasif dalam diskusi kelompok. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan teknik-teknik bimbingan kelompok yang lebih interaktif dan menarik, seperti role playing, pemainan simulasi, dan diskusi kelompok yang terstruktur, serta dukungan yang kuat dari sekolah, lingkungan, keluarga, dan faktor pendukung lainnya untuk meningkatkan efektivitas bimbingan program bimbingan kelompok.
Kata kunci: Bimbingan Kelompok, Sikap Spiritual Peserta Didik, Efektivitas
Unduhan
Referensi
Aam Imaddudin, 2015 Mengembangkan Kesejahteraan Spiritual Peserta Didik Sebagai Katalis Bangsa Inovatif. Jurnal Pedagogik, 3(1)
Al-Syalhub, F. bin Abd al-Aziz. 2018. Al-Mu’allim al-Awwal: Qudwah likulli mu-allim wa Mu’allim wa mu’allimah, (Diterjemahkan oleh Jamaluddin). Jakarta: Darul Haq
Astuti, R. (2015). Penanaman Sikap Spiritual pada Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Karakter, 20(3), 67-78
Corey, G., Corey, M. S., & Corey, C. (2018). Groups: Process and Practice. Boston: Cengage learning
Damiati, A., et al. (2017). Sikap Sebagai Ekspresi perasaan dan Refleksi kesukaan atau ketidaksukaan. Jurnal Psikologi Emosi, 5(1), 36-48.
Djamarah, S. B. (2014). Pola Asuh Orang Tua dan Komunitas dalam keluarga: Upaya Membangun Citra Membentuk Pribadi Anak. Jakarta: Rineka Cipta.
Ediyono, (2018), Internalisasi Nilai-nilai Spiritual pada diri siswa Journal al-Bahtsu, 3(2),
Gladding, S.T. (2016). Counseling: A comprehensive profession. Pearson Education
Imas Jilhan Syah. (2018). Metode Pembiasaan Sebagai Upaya Dalam Penanaman Kedisiplinan Anak Terhadap Pelaksanaan Ibadah”, Journal of Childhood Education, 2(2), 148-149.
Mulyasa, H. E. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Prayitno. (2017). Layanan Bimbingan Kelompok & Konseling Kelompok Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Rasimin & Hamdi (2018). "Bimbingan dan Konseling di Sekolah". Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Ridho.M.H. (2018).Bimbingan Konseling Spiritual Terhadap Pasien Rehabilitasi Napza. Jurnal Studia Insania 6(1), 36-48.
Satori dan Komariah. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Smith. J (2020). The Role of SpiritualVolues in Education. Journal of Education Psychology, 25(3), 45-58.
Sugiyono, (2018). Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tohirin. (2018). Pengajaran dan nasihat Islam di sekolah dan madrasah (berbasis terpadu). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Ulfah Rahmawati (2016) Penanaman Sikap Spiritual Pada Anak Usia Dini Jurnal Pendidikan anak, 1 (1), 102 - 112
Unduhan
Diterbitkan
Versi
- 2025-01-15 (3)
- 2025-01-15 (2)
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Anggitiadi, Elvina Septiani
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.