Naskah ini versi lama yang diterbitkan pada 2025-01-10. Baca versi terbaru.

Hubungan Keharmonisan Keluarga Dengan Motivasi Belajar Peserta Didik DI SMA Negeri 1 Luwuk

Penulis

  • Awaldin Lambause BK FKIP Universitas Tompotika Luwuk
  • Wiesmayani salma universitas tompotika luwuk
  • Dyah Firliani Putri universitas tompotika luwuk

DOI:

https://doi.org/10.53090/sellan.v2i1.811

Kata Kunci:

Keharmonisan, Keluarga, Motivasi Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keharmonisan keluarga dengan motivasi belajar peserta didik di SMA Negeri 1 Luwuk tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan Metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah  siswa kelas XI di  SMA Negeri 1 Luwuk. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data adalah dengan menyebarkan angket kepada siswa sebagai sampel penelitian.  Analisis yang digunakan adalah korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi (r)  = 0,39242  adalah angka positif. Hal ini menunjukkan pengaruh keharmonisan keluarga terhadap motivasi belajar di SMA Negeri 1 Luwuk adalah positif. Adapun Nilai KD = 15,4% menunjukan besar pengaruh keharmonisan keluarga terhadap motivasi belajar di SMA Negeri 1 Luwuk  sebesar 15,4%. Sedangkan nilai Thitung = 2,45, Dengan derajat  kebebasan (db) = 35 – 2 = 33 dan taraf signifikansi  0,05 = 1,69 sehingga, Thitung  lebih besar dari pada  Ttabel atau  2,45 > 1,69, maka korelasi yang terjadi adalah adanya hubungan keharmonisan keluarga dengan  motivasi belajar di SMA Negeri 1 Luwuk  Dengan demikian hipotesis diterima.

 

Kata kunci : Keharmonisan, Keluarga, Motivasi Belajar   

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdurrahman, F., Mudjiran, & Ardi, Z. (2020). Hubungan persepsi mahasiswa tentang keluarga harmonis dengan kesiapan menikah. Jurnal Neo Konseling , 2(3), 1–7. https://doi.org/10.24036/00296kons2020

Aziz, R., & Mangestuti, R. (2021). Membangun Keluarga Harmonis Melalui Cinta dan Spiritualitas pada Pasangan Suami Istri di Provinsi Jawa Timur. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 14(2), 129–139. https://doi.org/10.24156/jikk.2021.14.2.129

Budi, D. S. (2018). Konsep keluarga beda agama dalam mewujudkan keluarga harmonis (Studi di Desa Balun, Kecamatan Turi, Kabupaten Lamongan).

Dina, P. A. E. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ips Kelas Viii Madrasah Tsanawiyah Negeri Batu. Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 16.

Kompri, Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru Dan Siswa, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2016)

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0,November, 289–302.Remaja Rosdakarya, 2016 vol 10 No. 1 (2017)

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kauntitatif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung: Afabeta.

Sugiono. 2017. Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, R & D . Bandung : CV Alfabeta.

Sugiono 2019. Statistik Untuk Penelitian. Bandung : CV Alfabeta.

Yani, I. (2018). Harmonisasi keluarga pasangan suami istri yang tidak memiliki keturunan Di Desa Bangun Jaya Kecamatan Tambusai Utara Kabupaten Rokan Hulu. Jom Fisip, 5(1), 1–14

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-19 — Diperbaharui pada 2025-01-10

Versi

Cara Mengutip

Lambause, A., salma, W., & Firliani Putri, D. (2025). Hubungan Keharmonisan Keluarga Dengan Motivasi Belajar Peserta Didik DI SMA Negeri 1 Luwuk. SELLAN : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 84–90. https://doi.org/10.53090/sellan.v2i1.811 (Original work published 19 Januari 2025)

Terbitan

Bagian

Articles