HUBUNGAN KEHARMONISAN KELUARGA DENGAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 LUWUK
DOI:
https://doi.org/10.53090/sellan.v2i1.811Kata Kunci:
Keharmonisan, Keluarga, Motivasi BelajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keharmonisan keluarga dengan motivasi belajar peserta didik di SMA Negeri 1 Luwuk tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan Metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Luwuk. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data adalah dengan menyebarkan angket kepada siswa sebagai sampel penelitian. Analisis yang digunakan adalah korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi (r) = 0,39242 adalah angka positif. Hal ini menunjukkan pengaruh keharmonisan keluarga terhadap motivasi belajar di SMA Negeri 1 Luwuk adalah positif. Adapun Nilai KD = 15,4% menunjukan besar pengaruh keharmonisan keluarga terhadap motivasi belajar di SMA Negeri 1 Luwuk sebesar 15,4%. Sedangkan nilai Thitung = 2,45, Dengan derajat kebebasan (db) = 35 – 2 = 33 dan taraf signifikansi 0,05 = 1,69 sehingga, Thitung lebih besar dari pada Ttabel atau 2,45 > 1,69, maka korelasi yang terjadi adalah adanya hubungan keharmonisan keluarga dengan motivasi belajar di SMA Negeri 1 Luwuk Dengan demikian hipotesis diterima.
Kata kunci : Keharmonisan, Keluarga, Motivasi Belajar
Unduhan
Referensi
Abdurrahman, F., Mudjiran, & Ardi, Z. (2020). Hubungan persepsi mahasiswa tentang keluarga harmonis dengan kesiapan menikah. Jurnal Neo Konseling , 2(3), 1–7. https://doi.org/10.24036/00296kons2020
Aziz, R., & Mangestuti, R. (2021). Membangun Keluarga Harmonis Melalui Cinta dan Spiritualitas pada Pasangan Suami Istri di Provinsi Jawa Timur. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 14(2), 129–139. https://doi.org/10.24156/jikk.2021.14.2.129
Budi, D. S. (2018). Konsep keluarga beda agama dalam mewujudkan keluarga harmonis (Studi di Desa Balun, Kecamatan Turi, Kabupaten Lamongan).
Dina, P. A. E. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ips Kelas Viii Madrasah Tsanawiyah Negeri Batu. Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 16.
Kompri, Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru Dan Siswa, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2016)
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0,November, 289–302.Remaja Rosdakarya, 2016 vol 10 No. 1 (2017)
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kauntitatif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung: Afabeta.
Sugiono. 2017. Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, R & D . Bandung : CV Alfabeta.
Sugiono 2019. Statistik Untuk Penelitian. Bandung : CV Alfabeta.
Yani, I. (2018). Harmonisasi keluarga pasangan suami istri yang tidak memiliki keturunan Di Desa Bangun Jaya Kecamatan Tambusai Utara Kabupaten Rokan Hulu. Jom Fisip, 5(1), 1–14
Unduhan
Diterbitkan
Versi
- 2025-02-02 (3)
- 2025-01-10 (2)
- 2025-01-19 (1)
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 awaldin lambause, Wiesmayani salma, Dyah Firliani Putri
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.