Peran Layanan Bimbingan dan Konseling Dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Di SMP Negeri 1 Soyo Jaya

Penulis

  • kasmayani-@ Anwar BK FKIP Universitas Tompotika Luwuk

DOI:

https://doi.org/10.53090/sellan.v1i2.708

Kata Kunci:

Layanan Bimbingan dan Konseling, Disiplin Belajar Siswa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran layanan bimbingan dan konseling dalam meningkatkan disiplin belajar siswa di SMP Negeri 1 Joyo Jaya yang meliputi beberapa layanan yaitu layanan orientasi, layanan informasi, layanan penempatan dan penyaluran, layanan bimbingan belajar, layanan konseling perorangan, dan layanan konseling kelompok. Dengan enam layanan bimbingan dan konseling tersebut dapat membantu meningkatkan disiplin belajar siswa di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran layanan bimbingan dan konseling dalam meningkatkan disiplin belajar siswa di SMP Negeri 1 Joyo Jaya dalam kategori baik yaitu 66,47% yang meliputi peran layanan bimbingan dan konseling dengan nilai 65% dengan kategori sedangkan disiplin belajar siswa dengan nilai 67,95% dengan kategori baik. Dengan dilakukan penelitian ini, penulis memberikan saran kepada kepala sekolah untuk menambah jumlah guru BK sesuai dengan jumlah siswa yang ada di sekolah agar layanan yang dilakukan dapat berjalan dengan maksimal dan untuk siswa agar lebih memanfaatkan layanan BK di sekolah agar permasalahan yang dihadapi dapat diatasi dengan baik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ahmadi, Rulam. Profesi Keguruan Konsep & Strategi Mengembangkan Profesi & KarierGuru, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2018

Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abdul Jabar. Evaluasi Program Pendidikan, Jakarta:Bumi Aksara, 2009

Dariza, Syafrina. skripsi Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Disiplin Siswa di SMP Al-Ghazali Bogor. Jakarta: Universitas Islam

Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2011.

Daryanto dan Muhammad Farid. Bimbingan Konseling Panduan Guru BK dan Guru Umum, Yogyakarta: Gava Media, 2015

Djamarah, Syaiful Bahri. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2011

Gunawan, Imam. Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktek, Jakarta: Bumi Aksara, 2013

Hallen. Bimbingan dan Konseling, Jakarta: Quantum Teaching, 2005 Hikmawati, Fenti. Bimbingan Konseling, Jakarta: Rajawali Press, 2010

Lizuardi. skripsi Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Disiplin Siswa di SMP Negeri 8 Banda Aceh. Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-

Raniry Banda Aceh, 2016.

Peraturan Kemendikbud RI Nomor 111 Tahun 2014 pasal 1 tentang Bimbingan dan

Konseling Pada Pendidikan Dasar dan Menengah

Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Beban Kerja Guru Bimbingan

dan Konseling

Prayitno dan Erman Amti. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling, Jakarta: Rineka

Cipta, 2015

Sabri, Alisuf. Pengantar Ilmu Pendidikan, Jakarta: UIN Jakarta Press, 2005

Sanjaya, Wina. Penelitian Pendidikan Jenis, Metode, dan Prosedur, Jakarta: Kencana, 2013

Sudijono, Anas. Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006.

Sukardi, Dewa Ketut. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling

di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta, 2008

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B, Bandung: Alfabeta,

Sutirna. Bimbingan dan Konseling Pendidikan Formal, Nonformal dan Informal, Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2013.

Syah, Muhhibin. Psikologi Belajar, Depok: Rajawali Press, 2017

Syah, Muhhibin. Psikologi Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011

Taufiqi, Miftachul. skripsi Pengaruh Layanan Bimbingan dan Konseling Terhadap

Kedisiplinan Siswa Dalam Pembelajaran IPS di MA Muhammadiyah 1 Malang. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2017.

Tohirin. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integritas),

Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2007

Tu’u, Tulus. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa, Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia, 2004

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Wahab, Rohmalina. Psikologi Belajar, Depoajawali Press, 2018.

Diterbitkan

2024-07-31

Cara Mengutip

Anwar, kasmayani- @. (2024). Peran Layanan Bimbingan dan Konseling Dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Di SMP Negeri 1 Soyo Jaya. SELLAN : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 39–44. https://doi.org/10.53090/sellan.v1i2.708

Terbitan

Bagian

Articles