Peran Layanan Bimbingan dan Konseling Dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Di SMP Negeri 1 Soyo Jaya
DOI:
https://doi.org/10.53090/sellan.v1i2.708Kata Kunci:
Layanan Bimbingan dan Konseling, Disiplin Belajar SiswaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran layanan bimbingan dan konseling dalam meningkatkan disiplin belajar siswa di SMP Negeri 1 Joyo Jaya yang meliputi beberapa layanan yaitu layanan orientasi, layanan informasi, layanan penempatan dan penyaluran, layanan bimbingan belajar, layanan konseling perorangan, dan layanan konseling kelompok. Dengan enam layanan bimbingan dan konseling tersebut dapat membantu meningkatkan disiplin belajar siswa di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran layanan bimbingan dan konseling dalam meningkatkan disiplin belajar siswa di SMP Negeri 1 Joyo Jaya dalam kategori baik yaitu 66,47% yang meliputi peran layanan bimbingan dan konseling dengan nilai 65% dengan kategori sedangkan disiplin belajar siswa dengan nilai 67,95% dengan kategori baik. Dengan dilakukan penelitian ini, penulis memberikan saran kepada kepala sekolah untuk menambah jumlah guru BK sesuai dengan jumlah siswa yang ada di sekolah agar layanan yang dilakukan dapat berjalan dengan maksimal dan untuk siswa agar lebih memanfaatkan layanan BK di sekolah agar permasalahan yang dihadapi dapat diatasi dengan baik.
Unduhan
Referensi
Ahmadi, Rulam. Profesi Keguruan Konsep & Strategi Mengembangkan Profesi & KarierGuru, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2018
Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abdul Jabar. Evaluasi Program Pendidikan, Jakarta:Bumi Aksara, 2009
Dariza, Syafrina. skripsi Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Disiplin Siswa di SMP Al-Ghazali Bogor. Jakarta: Universitas Islam
Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2011.
Daryanto dan Muhammad Farid. Bimbingan Konseling Panduan Guru BK dan Guru Umum, Yogyakarta: Gava Media, 2015
Djamarah, Syaiful Bahri. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2011
Gunawan, Imam. Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktek, Jakarta: Bumi Aksara, 2013
Hallen. Bimbingan dan Konseling, Jakarta: Quantum Teaching, 2005 Hikmawati, Fenti. Bimbingan Konseling, Jakarta: Rajawali Press, 2010
Lizuardi. skripsi Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Disiplin Siswa di SMP Negeri 8 Banda Aceh. Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-
Raniry Banda Aceh, 2016.
Peraturan Kemendikbud RI Nomor 111 Tahun 2014 pasal 1 tentang Bimbingan dan
Konseling Pada Pendidikan Dasar dan Menengah
Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Beban Kerja Guru Bimbingan
dan Konseling
Prayitno dan Erman Amti. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling, Jakarta: Rineka
Cipta, 2015
Sabri, Alisuf. Pengantar Ilmu Pendidikan, Jakarta: UIN Jakarta Press, 2005
Sanjaya, Wina. Penelitian Pendidikan Jenis, Metode, dan Prosedur, Jakarta: Kencana, 2013
Sudijono, Anas. Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006.
Sukardi, Dewa Ketut. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling
di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta, 2008
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B, Bandung: Alfabeta,
Sutirna. Bimbingan dan Konseling Pendidikan Formal, Nonformal dan Informal, Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2013.
Syah, Muhhibin. Psikologi Belajar, Depok: Rajawali Press, 2017
Syah, Muhhibin. Psikologi Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011
Taufiqi, Miftachul. skripsi Pengaruh Layanan Bimbingan dan Konseling Terhadap
Kedisiplinan Siswa Dalam Pembelajaran IPS di MA Muhammadiyah 1 Malang. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2017.
Tohirin. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integritas),
Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2007
Tu’u, Tulus. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa, Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia, 2004
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Wahab, Rohmalina. Psikologi Belajar, Depoajawali Press, 2018.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 kasmayani-@ Anwar
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.